MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Pusat perbelanjaan di Kota Malang mengalami lonjakan pengunjung menjelang Hari Raya Idul Fitri 2025. Kenaikan ini berkisar antara 30 hingga 50 persen dibandingkan hari biasa dan diprediksi terus meningkat dalam beberapa hari ke depan.
Kondisi ini terlihat di beberapa mal besar seperti Mal Olympic Garden (MOG), Malang Town Square (Matos), hingga Alun-Alun Mal Ramayana. Store Manager Center Point MOG, Dwi Hasan, mengungkapkan bahwa dalam minggu pertama Ramadan, jumlah pengunjung masih berkisar 2.500 orang per hari. Namun, memasuki minggu ketiga, angka ini melonjak menjadi sekitar 3.000 pengunjung per hari.
“Pada akhir pekan, jumlahnya lebih tinggi lagi, bahkan meningkat hingga 60 persen dibandingkan hari biasa. Kami memperkirakan di pekan terakhir Ramadan bisa mencapai lebih dari 5.000 pengunjung per hari,” ujar Hasan kepada Malang Posco Media, Senin (24/3) kemarin.
Tren serupa juga terjadi di Matos. Marcomm Manager Matos, Sasmita Rahayu, mengatakan bahwa kunjungan selama Ramadan naik hingga 50 persen, dengan puncak kepadatan terjadi setiap Sabtu dan Minggu.
“Biasanya, peningkatan ini dipicu oleh pencairan Tunjangan Hari Raya (THR). Hampir semua tenant kami, mulai dari fashion, makanan, hingga playground, melaporkan lonjakan omzet sejak pekan lalu,” jelasnya.
Menurutnya, konsep one-stop shopping, di mana pengunjung bisa berbelanja sekaligus menikmati kuliner dan hiburan, menjadi daya tarik utama mal menjelang Lebaran.
Sementara itu, Alun-Alun Mal Ramayana juga mengalami lonjakan serupa. Dari pantauan Malang Posco Media, kepadatan pengunjung sudah terlihat sejak pukul 15.00 WIB. Akibatnya, arus lalu lintas di sekitar mal menjadi lebih padat karena banyaknya kendaraan yang parkir di area sekitar.
Dengan peningkatan yang terus terjadi, pusat perbelanjaan di Kota Malang diprediksi akan mencapai puncak kepadatan pada H-2 Lebaran. (ica/aim)