New Brand, It’s My Dream
MALANG POSCO MEDIA – Pergantian nama New Malang Pos menjadi Malang Posco Media mendapat apresiasi besar dan penghargaan setinggi-tingginya dari drh Puguh Wiji Pamungkas. Founder dan Owner RSU Wajak Husada ini menegaskan dan mengucapkan selamat kepada seluruh karyawan Malang Posco Media (MPM).
Terlebih, dalam situasi dan tantangan yang dihadapi, Malang Posco Media dipandangnya sebagai salah satu media asli Malang yang tetap mempertahankan platformnya sebagai media cetak. Bahkan juga berinovasi di dunia online atau digital.
Memang tidak gampang, lanjutnya, di era distruption seperti sekarang ini, di tengah-tengah merebaknya kemajuan teknologi dan terjadinya perubahan customer behaviour yang begitu cepat, media massa tetap mempertahankan dirinya sebagai media cetak.
“Akan tetapi “value” itulah yang dibangun oleh Malang Posco Media (MPM), di bawah managemen dan jajaran jurnalis yang terasah pengalamannya. MPM tetap menjaga “buyer value” sebagai media yang lahir dari tanah “Arema” dengan mempertahankan kekhasannya,” jelas pendiri Puguh Foundation ini.
Ia melanjutkan dalam membangun daya saing keberadaan produk atau jasa, seseorang harus mampu menjawab permasalahan dan keinginan customer. Keinginan yang bervariatif dan banyak berubah ini, sekaligus menjadi tantangan bagi organisasi bisnis untuk bisa memenuhi apa yang menjadi keinginan dan harapan mereka.
Puguh pun mencontohkan sebuah Pendekatan teori “Best Customer experience” yang dikembangkan oleh Amazon di bawah Jeff Bezos sang founder sekaligus CEO. “Awal berdirinya tahun 1994, Amazon sebagai sebuah platform website jualan buku yang dimulai dari garasi rumah Bezos di Bellevue Washington Amerika Serikat. Dan berhasil menjadikan konsep memberikan pengalaman terbaik bagi customer sebagai bagian yang menumbuhkan perusahaannya,” paparnya.
Customer bagi sebuah bisnis atau perusahaan adalah “nyawa.” Semakin banyak customer yang bermutasi menjadi loyal customer dan buyer, maka perusahaan tersebut juga akan memiliki performance yang lebih bagus. Inilah yang selama ini dijaga teman-teman Malang Posco Media.
Puguh mengatakan pula jika nama besar dan nama baik brand bagi sebuah perusahaan adalah segalanya. Karena dengannya masyarakat atau customer akan “terhipnotis” untuk membeli atau memanfaatkan produknya.
“Malang Posco Media (MPM), sebagai media asli Malang yang memiliki kekhasan “Brand” media massa, harus tetap menjaga janji brandnya. Karena pengalaman terbaik customer terhadap brand yang sudah dibangun oleh MPM sejak lama akan menjadi landasan penentu untuk pertumbuhan dan perkembangannya ke depan,” tuturnya.
Pada prinsipnya, lanjut Puguh, nilai-nilai yang diharapkan oleh customer di apapun segmen market dan bisnisnya, maka harus bisa menjawab empat hal. Yakni pertama, kecepatan produk atau jasa tersebut bisa dimanfaatkan atau digunakan oleh customer. Dijelaskannya produk layanan yang lama dan berbelit semakin ke sini akan ditinggalkan oleh customer. Customer butuh yang cepat, tepat dan siap dalam waktu yang singkat.
Kedua, Fitur-fitur kemudahan dan kelengkapan dalam produk atau jasa. Yakni berkaitan dengan ketersediaan manfaat yang bisa diperoleh atau dimanfaatkan oleh customer. Semakin banyak fitur yang memudahkan customer atau buyer kita, maka akan semakin diminati produk atau jasa.
“Ketiga, produk atau jasa kita harus memiliki banyak variasi, baik jumlahnya, modelnya, warnanya, keuntungannya dan kemasannya. Variasi yang beragam akan membuat produk menjadi jawaban atas permintaan dari berbagai macam segmen customer yang beragam,” tegas Puguh.
Keempat adalah competitiveness produk atau jasa kita harus mudah didapat atau diperoleh. Semakin mudah produk diakses oleh buyer, maka akan semakin diminati oleh customer, begitu juga sebaliknya. Puguh kembali memberi sebuah contoh, salah satunya yang dilakukan maskapai penerbangan di Dallas Texas Amerika Serikat yang menjadi model bagi banyak bisnis di dunia yakni Southwest Airlines.
Ia menjelaskan bahwa Soutwest Airlines telah berhasil memberikan “Service” terbaiknya, dimana masyarakat dengan mudah, murah dan cepat melakukan mobilisasi dari satu kota ke kota lainnya di Amerika Serikat seperti naik transportasi darat. Customer bisa merasakan layanan terbaik kelas maskapai penerbangan dengan tarif seperti naik bus.
Dengan inovasi service yang dilakukan oleh Soutwest Airlines ini, tentu para penumpang yang selama ini menggunakan transportasi darat, beralih menggunakan Soutwest Airlines untuk mobilitasnya.
Malang Posco Media (MPM) sebagai sebuah “New Brand” yang dimanajemeni oleh para ahli jurnalistik yang mumpuni ini, harus tetap istiqomah menjadi “Penjaga Customer Experience.”
“Era kompetisi yang semakin brutal dan penuh ketidakpastian ini, menjadi tantangan tersendiri bagi MPM untuk menjaga experience masyarakat terhadap Brandnya, terhadap produknya dan terhadap servicenya. Sukses selalu MPM, menjadi media lokal yang bersiap go International,” pungkas Puguh. (ica/aim/lim)