spot_img
Tuesday, December 5, 2023
spot_img
- Advertisement -spot_img

Malang Raya Potensi Cuaca Ekstrem Sepekan Kedepan

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Malang Posco Media – Untuk sepekan kedepan, mulai 10 sampai 16 Oktober 2022, warga harus waspada. Pasalnya ada potensi cuaca ekstrem akan terjadi di sejumlah wilayah Jawa Timur, termasuk wilayah Malang Raya.
Hal ini menjadi peringatan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofiiska (BMKG) Kelas I Juanda, Senin (10/10) hari ini.

Menurut penjelasan Kepala Stasiun BMKG Juanda Hermawan dalam rilis resmi, potensi cuaca ekstrem sebelumnya selama masa peralihan atau pancaroba dan awal musim hujan tahun 2022/2023. Berdasarkan analisis, bahwa kondisi dinamika atmosfer di wilayah Jawa Timur masih cukup signifikan berpotensi mengakibatkan peningkatan potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah dalam sepekan ke depan.

“Hasil analisis dinamika atmosfer di wilayah Jawa Timur terkini menunjukkan adanya pola belokan angin serta perlambatan kecepatan angin yang dapat meningkatkan aktivitas konvektif dan pertumbuhan awan hujan,” tegasnya.

Aktifnya fenomena gelombang atmosfer Eguatorial Rossby, serta suhu muka laut di perairan Jawa Timur masih hangat dengan anomak antara + 1.0 s/d + 3.0 derajat celcius sehingga suplai uap air akan semakin banyak di atmosfer.

Kondisi tersebut mempengaruhi pembentukan awan Cumulonmbus yang semakin intens dan dapat mengakibatkan cuaca ekstrem seperti hujan lebat, angin kencang, puting beliung dan hujan es.

cuaca
Foto: Getty Images/iStockphoto/Julia_Sudnitskaya – detik.com


“Beberapa wilayah yang patut diwaspadai memiliki potensi cuaca ekstrem yang dapat mengakibatkan bencana hidrometeorologi (genangan, banjir bandang, angin kencang, puting bekung, hujan es maupun tanah longsor untuk wilayah dataran tinggi),” jelas Hermawan.

Dilanjutkannya untuk penode tanggal 10-16 Oktober 2022 ini cuaca ekstrem diprediksi terjadi di wilayah Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Lamongan, Bojonegoro, Kabupaten dan Kota Mojokerto, Jombang, Nganjuk, Kabupaten dan Kota Madiun, Ngawi, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung. Kabupaten dan Kota Kediri, Kabupaten dan Kota Malang, Batu, Kabupaten dan Kota Pasuruan, Kab dan Kota Proboknggo. Lumajang, Bondowoso, Situbondo. Banyuwang, Bangkalan, Sampang. Pamekasan dan Sumenep.

Masyarakat dihimbau untuk melakukan penataan Iingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, membersihkan saluran irigasi sungai-sungai.

“Juga memangkas dahan dan ranting pohon yang rapuh, lapuk, menertibkan baliho semipermanen, serta selalu waspada terhadap dampak bencana hidrometeorologi,” pungkasnya. (ica/jon)

Ikuti Juga Berita Malang Hari Ini dan Info seputar Arema FC, Arema dan Aremania di Youtube dan Tiktok Kami

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img
Pasang Iklan/Order Liputan