spot_img
spot_img

Pengabdian Dosen FT UM di SMKN 6 Malang

Manfaatkan RFID Berbasis IoT, Dukung Teaching Factory

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Dosen dan mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang (FT UM) melakukan pendampingan penyiapan teaching factory di SMKN 6 Malang. Upaya ini sebagai penguatan SMK di era industri 4.0. Pendampingan dilaksanakan mulai Juli sampai Oktober 2022.

Tim dosen ini diketuai oleh Dr. Eng. Siti Sendari, S.T., M.T. Dengan anggota sebanyak empat orang. Yakni Dr. Eng. Anik Nur Handayani, S.T., M.T, Dr. Yuni Rahmawati, S.T., M.T., I Made Wirawan, S.T., S.S.T., M.T. dan Mohammad Yussril Afri.

Program ini  dalam rangka pengabdian untuk masyarakat di lingkungan sekitar kampus. Kali ini  di kampus II Universitas Negeri Malang yang berdekatan dengan SMKN 6 Malang.

“Program pengabdian kepada masyarakat ini kami bekerjasama dengan guru-guru dari Kompetensi Keahlian Sistem Informasi Jaringan dan Aplikasi (SIJA) yang ada di SMKN 6 Malang,” ucap Siti Sendari kemarin, Kamis (3/11) kemarin.

Berita Lainnya:  Industri Tour SMK PIM, Kunjungi PT Inez Cosmetics dan P3GI Pasuruan

Kompetensi Keahlian SIJA dari SMKN 6 Malang dimulai pada tahun ajaran baru 2018. Hingga kini masih berjalan tiga tahun. Sebagai Kompetensi Keahlian baru, SIJA menggabungkan keilmuan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dan Teknik Komputer Jaringan (TKJ).

Gabungan dari  dua konsentrasi bidang keilmuan ini menjadi kompetensi yang lengkap dan menarik. “Kompetensi Keahlian ini sangat selaras dengan perkembangan Teknologi dan perkembangan Industri 4.0,” kata Siti.

Melalui diskusi yang sistematis antara tim pengabdian masyarakat UM dan guru-guru SMKN 6 Malang Program Studi SIJA, dipetakan potensi dan unggulan pusat produksi untuk SMKN 6  Malang. Salah satunya pengembangan konsep Teaching Factory.

Tim dosen menghasilkan alat identifikasi yang memanfaatkan kartu RFID (Radio Frequency Identification) menggunakan basis teknologi internet of things untuk peralatan-peralatan yang ada di SMKN 6  Malang.

Berita Lainnya:  Bidang Cat Tak Sepele, SMK PIM Ikuti Kelas Indutri PT Rexton Indocoating

Untuk mencapai dan mempercepat realisasi Teaching Factory, dilaksanakan program pendampingan guru-guru Kompetensi Keahlian SIJA, dalam kegiatan workshop implementasi IoT (Internet of Things).

Sebagai pelaksana di tingkat sekolah, Dheni Wibawanto, Kepala Program Keahlian Teknik Informatika menyampaikan bahwa kegiatan workshop tersebut akan ditindak lanjuti dengan kerjasama Industri. Kerjasama ini akan melibatkan Universitas Negeri Malang, SMKN 6 Kota Malang dan Industri.

Dalam hal ini bekerjasama dengan CV. Spektrum Teknologi untuk menyesuaikan produk dan spesifikasinya agar layak digunakan secara luas sebagai produk unggulan.

Program ini, melibatkan siswa-siswa Kompetensi Keahlian SIJA. Supaya dapat meningkatkan kompetensi keahlian mereka. “Dan pada akhirnya siswa memiliki kemampuan dalam pemecahan masalah melalui program project based learning yang dilaksanakan di sekolah,” katanya. (imm/adv/bua)



BERITA LAINNYA

UMM Dorong Inovasi Insan Muda

Demi Riset, Majukan Kawasan