spot_img
Sunday, June 29, 2025
spot_img

Masyarakat Puas Pelayanan Pemkot Batu, Raih Zona Hijau Kualitas Tinggi

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, KOTA BATU – Tahun 2024 ini Pemerintah Kota Batu berhasil meraih predikat Zona Hijau Kualitas Tinggi dalam Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik dari Ombudsman RI. Penghargaan berhasil diraih berkat komitmen Pemkot Batu dalam meningkatkan kualitas layanan di berbagai unit layanan publik. Seperti puskesmas, mall pelayanan publik dan OPD yang berhubungan langsung dengan masyarakat.

“Berkat komitmen dalam meningkatkan pelayanan, sarpras dan SDM ASN yang dilakukan, Pemkot Batu berhasil meraih predikat Zona Hijau Kualitas Tinggi dalam Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik dari Ombudsman RI,” ujar Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai.

Lebih lanjut, penghargaan tersebut juga tidak lepas dari dukungan DPRD Kota Batu yang mendukung penganggaran dalam hal pelayanan kepada masyarakat. Sehingga setiap kekurangan pelayanan hingga sarpras mampu dipenuhi dan diperbaiki oleh Pemkot Batu.

“Selain itu pelayanan yang kami berikan mampu dioptimalkan berkat saran dan masukan masyarakat. Karena dari saran, masukan dan kritik yang disampaikan masyarakat menjadi evaluasi kami untuk terus melakukan pembenahan di segala sektor agar masyarakat tidak lagi dipersulit ketika mengajukan pelayanan di Pemkot Batu,” terangnya.

Untuk itu, Kepala Dinas Pendidikan Jatim ini mengapresiasi seluruh OPD, DPRD, instansi vertikal dan masyarakat atas sinergi yang kuat dalam mewujudkan pelayanan publik berkualitas, mudah, transparan dan cepat. “Penghargaan ini adalah hasil kerja keras bersama. Semoga menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik Pemerintah demi kesejahteraan masyarakat Kota Batu,” imbuhnya.

Untuk penilaian kepatuhan penyelenggaraan publik menunjukkan peningkatan dengan nilai naik dari 79,19 pada 2023 menjadi 82,28 di 2024, atau naik 3,09 poin. Penilaian tahun ini mencakup 5 unit kerja. Yaitu DPMPTSP dengan capaian nilai 80,99 zona hijau kualitas tinggi, Dispendukcapil dengan capaian 80,54 zona hijau kualitas tinggi, Dinas Sosial dengan capaian nilai 78,80 zona hijau kualitas tinggi, Puskesmas Batu dengan capaian nilai 86,32 zona hijau kualitas tinggi dan Puskesmas Beji dengan capaian nilai 90,89 zona hijau kualitas tertinggi

Indikator penilaian mencakup dimensi input meliputi kompetensi pelaksana, sarana-prasarana. Selanjutnya penilaian proses yang terdiri dari standar pelayanan. Serta output atau indeks kepuasan masyarakat dan pengaduan. (eri/lim)

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img