MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Penjualan mobil Daihatsu terus meningkat di tahun ini. Hingga Mei lalu, tercatat jumlah unit yang terjual mencapai 87 ribu unit. Jika dipresentasikan pada periode yang sama di tahun lalu, mengalami kenaikan sebesar 18,3 persen.
Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation Hendrayadi Lastiyoso menjelaskan bahwa pada tahun 2022, perolehan penjualan ritel mencapai 73 ribu unit.
“Tentu kami bersyukur dengan nilai penjualan hingga Mei 2023 ini terbilang naik atau positif. Terbukti ada peningkatan jumlah penjualan sebesar 18,3 persen. Semoga capaian ini dapat terus ditingkatkan ke depannya,” kata Hendrayadi Lastiyoso dalam rilis yang diterima Malang Posco Media, kemarin.
New Normal menurutnya, menjadi salah satu hal yang ikut serta menyebabkan meningkatnya jumlah penjualan dari berbagai unit yang ada di Daihatsu. Banyak orang yang mulai berleluasa keluar menggunakan kendaraan pribadi karena suasana kembali aman seperti semula.
Secara nasional, penjualan ritel otomotif di Indonesia hingga Mei 2023 mencapai sekitar 422 ribu unit atau mengalami kenaikan sebesar 10,7 persen dibandingkan dengan periode sebelumnya yang mendapatkan 381 ribu unit.
Sehingga dari capaian tersebut, kontribusi penjualan ritel Daihatsu terhadap market share ritel otomotif nasional sebesar 20,6 persen atau mengalami kenaikan sekitar 1,3 persen dibandingkan tahun 2022 yang hanya 19,3 persen.
Ia juga mengungkapkan Sigra menjadi salah satu unit yang terjual paling banyak. Secara volume dan kontribusi model, penjualan ritel Daihatsu hingga Mei 2023 didominasi oleh top 3 model unit, yakni Daihatsu Sigra yang memperoleh penjualan sebanyak 27.348 unit atau berkontribusi sebesar 31,4 persen.
Di posisi kedua ada Daihatsu Gran MaX Pick UP yang telah terjual sebanyak 18.120 unit atau memperoleh kontribusi sebesar 20,8 persen serta yang terakhir ada pada Daihatsu Terios yang mendapatkan penjualan sebanyak 12.069 unit dan berkontribusi sebanyak 13,8 persen. (adm/aim)