spot_img
Friday, June 14, 2024
spot_img

Menanti Mulusnya Jalan Gondanglegi-Balekambang

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA – Kabar gembira! Pembangunan jalan Gondanglegi – Balekambang yang sudah sangat lama diidam-idamkan masyarakat bakal segera dibangun. Surat Perintah Kerja (SPK) sedang dalam proses dan bila sudah terbit, maka pembangunan akan langsung gass poll.

Tentu, kabar ini jangan sampai menjadi angin surga kembali. Karena rusaknya akses menuju kawasan wisata di Malang Selatan, sangat berpengaruh pada jumlah kunjungan wisatawan. Baik lokal maupun mancanegara. Yang lokal saja sambat dan mengeluh, apalagi yang di luar Malang.

Maka ini kesempatan Dinas Pariwisata untuk menyiapkan branding demi mendongkrak kembali kunjungan wisata di Malang Selatan. Memang, pembangunan jalan belum dimulai, namun branding pembangunan jalan sepanjang 31 kilometer ini menjadi hal penting untuk mengingatkan pecinta wisata di Malang Selatan bergerak kembali.   

Dengan branding yang kuat dan tepat, maka pelan tapi pasti, wisatawan akan bersiap kembali berwisata. Agen wisata pun bakal kembali giat mempromosikan paket paket wisata di Malang Selatan. Mulusnya akses jalan menuju kawasan wisata adalah hal yang paling didambakan pelaku wisata dan wisatawan.

Karena itu, kabar segera dibangunnya akses jalan Gondanglegi – Balekambang ini menjadi pekerjaan bersama stakeholder terkait. Meskipun tanggungjawab pembangunan jalan ini berada di Kementerian PUPR dan anggaran sebesar Rp 470 Miliar ditanggung pusat, namun dinas di Pemkab Malang pun harus menyambut baik dengan menyiapkan program pasca tuntasnya pembangunan.

Dinas Pariwisata menyiapkan program wisata yang menarik dan spektakuler untuk mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD). Sedangkan dinas Pendapatan juga menyiapkan proyeksi menaikkan pendapatan dari sektor wisata. Sementara dinas-dinas lainnya mengikuti dengan program yang mendukung bagi peningkatan pariwisata di Malang Selatan.   

Sinergi ini penting dilakukan sebab pusat sudah mengupayakan secara maksimal. Karena standar nasional, akses jalan pun di beberapa titik akan diperlebar. Normalnya lebar 10 meter, akan diperlebar menjadi 20 meter. Tentu ini bertujuan memberikan kenyamanan bagi wisatawan dan pengendara.

Karena itu, kabar ini harus disambut baik semuanya. Tak hanya dinas terkait, tapi juga pelaku wisata. Buat promosi paket wisata semenarik mungkin. Tentu fokusnya adalah mulusnya akses jalan menuju Balekambang. Branding ini harus dibuat seindah dan sebagus mungkin. Agar wisatawan tertarik dan mengalokasikan waktu, dan tentu saja bujetnya untuk wisata di Malang Selatan.

Harapannya, tahun 2024 mendatang, jumlah kunjungan wisatawa di Malang Selatan melonjak naik. Ini juga tantangan bagi PD Jasa Yasa yang mengelola wisata di Malang Selatan. Target bisa terpenuhi dengan program program yang memikat wisatawan dan sponsor.  

Kalau sebelumnya akses jalan yang dikeluhkan. Tapi nanti, setelah akses jalan mulus, maka tak ada alasan lain PAD dari sektor wisata anjlok. Terutama jumlah wisatawannya. Jangan sampai anjlok. Lonjakannya harus mulus semulus akses jalan menuju Balekambang nantinya.(*)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img