spot_img
Tuesday, May 28, 2024
spot_img

Menhub Janji, Arus Balik  di Jateng dan Jabar Pasti Aman

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Malang Posco Media – Arus balik Lebaran   tahun 2024 ini  dipastikan dapat berjalan baik dan aman di sejumlah titik simpul transportasi yang ada di Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Barat (Jabar).Pernyataan ini disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi  di Jakarta, hari Minggu ini.

‘’Kami sudah melakukan peninjauan sejumlah titik antara lain Simpang Joglo Solo, Gerbang Tol Boyolali, Terminal Banyumanik, Gerbang Tol Kalikangkung serta sejumlah rest area pada ruas jalan Tol Semarang – Cirebon,” tegasnya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku telah meninjau simpul transportasi di sejumlah titik yang ada Jawa Tengah dan Jawa Barat guna memastikan sarana dan prasarana angkutan arus balik Lebaran 2024 berjalan aman dan lancar.”Saya melakukan pantauan karena simpul kemacetan itu ada dua, yaitu simpang di Kalikangkung dan di pertemuan Bandung dengan Cipali. Jika bicara Kalikangkung maka pengelolaan di Banyumanik dan Salatiga harus disertai. Jadi kita pantau semuanya,” ujar Menhub.

Dalam kunjungan di Posko Polisi Terpadu Boyolali, Menhub sempat melakukan rapat koordinasi untuk kelancaran perjalanan balik dari pelabuhan Bakauheni ke Pelabuhan Merak.Budi menyampaikan akan dilakukan skema pelaksanaan aktivitas bongkar muat di pelabuhan Bakauheni dan Merak sehingga tidak mengganggu perjalanan balik Lebaran.

Kemudian untuk memantau aktivitas bongkar muat di pelabuhan Bakauheni dan Merak, Menhub menginstruksikan untuk membuat fasilitas war room, sebuah ruangan yang menyajikan data dan informasi secara digital terkait aktivitas di pelabuhan.”Nanti akan tercatat di situ (war room) dalam satu hari kira-kira berapa aktivitas bongkar muat, serta perencanaannya. Pada war room itu masing-masing stakeholder hadir dan berkoordinasi dengan baik,” tutur Budi.

Menhub juga menyempatkan membuka one way KM 414 jalan Tol Kalikangkung Kota Semarang hingga KM 72 Tol Cipali, bersama dengan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy; Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono; dan Kepala Korlantas Polri Irjen. Pol. Aan Suhanan.

“Alhamdulillah rencana untuk melakukan one way dapat dilaksanakan karena setelah kita pantau dari Solo, Boyolali, Salatiga dan Banyumanik, memang pergerakan sudah masif sehingga ini memang perlu dilaksanakan,” papar Menhub.Sementara itu, Kakorlantas Irjen Pol. Aan Suhanan mengimbau para pemudik menjaga kesehatan saat melakukan perjalanan balik ke Jabodetabek.“Perlu kami ingatkan terus untuk masyarakat untuk menjaga kesehatan, jangan berkendara apabila konsentrasi dan stamina sudah mulai berkurang, silakan gunakan rest area di sebelah kanan dan kiri,” tutur Aan.

Ia juga mengingatkan apabila tempat istirahat di jalan tol penuh, pemudik dapat keluar menuju jalan arteri untuk beristirahat. Sejumlah tempat peristirahatan, warung makan hingga tempat wisata telah tersedia di sekitar jalan arteri.

Turut hadir dalam kegiatan ini Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol. Ahmad Luthfi, Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A. Purwantono, dan Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur. (ntr/nug)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img