spot_img
spot_img

Yang Seru di Kabupaten Malang

Menikmati Air Terjun Tiga Tingkat Berhias Pelangi

KABUPATEN Malang yang merupakan Kabupaten terluas kedua di Jawa Timur menyimpan beragam lokasi menawan untuk wisata alam. Diantaranya air terjun Coban Srengenge yang berada di Desa Tirtomarto, Kecamatan Ampelgading. Memiliki tiga tingkatan, keunikannya membiaskan cahaya matahari pada percikan air menjadi daya pikat tersendiri.

MALANG POSCO MEDIA, MALANG- Lokasi air terjun ini sempat viral dan didatamgi banyak orang lantaran lokasinya tak terlalu jauh dari jalan raya. Hanya sekitar dua kilometer ke selatan dari Kantor Kecamatan Ampelgading. Untuk kesana juga terjangkau, hanya ada tarif parkir lantaran masih dalam pengembangan.

Awalnya hanya coban biasa, tertutup semak dan akhirnya dikelola warga. Kemudian diberikan akses melalui tangga cor agar mudah turun ke air terjun. Di lokasi, Coban Srengenge memiliki tiga tingkatan air terjun dengan ketinggian berbeda. Namun yang masih dikelola hanya tingkat paling atas dan tingkatan kedua.

Berita Lainnya:  Wabup Didik: Tingkatkan Sinergitas Tangani Stunting Hingga Pernikahan Dini

Tingkat ketiga tebungnya curam jadi cukup berbahaya dan berisiko sekali untuk kesana. Coban Srengenge pertama kali dikembangkan pada tahun 2017 lalu oleh warga, Pemdes dan Pokdarwis. Dinamai Coban Srengenge karena saat pagi hari sinar matahari yang menyentuh embun dan percikan air di depan coban menghasilkan bias cahaya.

Bias cahaya itu berwarna warni seperti pelangi. Tinggi Coban utama di air terjun tingkat kedua berkisar 50 meter. Sedangkan di tingkat pertama sekitar 60 meter dan tingkat paling bawah hampir 90 meter. Aliran air ke air terjun berasal dari sumber air Desa Tirtomoyo yang biasa penduduk setempat sebut Sumber Segaran. Sebagian aliran air debitnya dimanfaatkan untuk PLTA.

Berita Lainnya:  Wabup Didik: Tingkatkan Sinergitas Tangani Stunting Hingga Pernikahan Dini

Keindahan yang tersimpan masih alami dan suasana sekitar coban masih asri dengan banyaknya pohon rindang. Meski dikembangkan sebagai wisata, sayangnya, saat ini kondisinya cukup sepi dan agak kurang terawat. Utamanya sejak pandemi Covid – 19. Padahal, Coban Srengenge menjadi satu satunya wisata alam di Tirtomarto dan menjadi daya tarik.

Kini warga dan Pemdes berharap bisa mewujudkan penambahan fasilitas menjadi rest area dan taman bermain. Meski ada kendala karena lahannya yang sempit, namun Coban Srengenge patut menjadi alternatif wisata yang layak dikunjungi. (tyo/mar)

Ikuti Juga Berita Malang Hari Ini dan Info seputar Arema FC, Arema dan Aremania di Youtube dan Tiktok Kami

BERITA LAINNYA