MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Pandemi Covid-19 membuat banyak perempuan pengusaha kecil di Malang Raya mengalami kesulitan bertahan dari keadaan krisis dan kesusahan dalam meningkatkan pendapatan. Alhasil, setiap perempuan pengusaha kecil di Malang Raya mulai dari Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu berhak mendapatkan dukungan untuk memulihkan usahanya lewat literasi keuangan, literasi bisnis dan keterampilan serta memaksimalkan penggunaan digital platform. Mercy Corps Indonesia (MCI) sebagai organisasi yang bertujuan memberdayakan masyarakat Indonesia dan didukung oleh VISA Foundation menghadirkan Program CAMELIA (Covid-19 Recovery for Women-Led Small Businesses in Greater Malang), sejak April 2021 dan akan selesai pada April 2022.
MCI melalui Program CAMELIA telah mendukung 321 perempuan pengusaha kecil di Malang Raya melalui sumber daya pelatihan dan pendampingan dengan metode hybrid (offline dan online). MCI berkolaborasi dengan berbagai mitra pemerintah, mitra swasta dan komunitas lokal di Malang Raya. Target yang diharapkan dari program CAMELIA adalah peningkatan akses usaha kecil yang dipimpin perempuan ke layanan keuangan seperti tabungan, pinjaman dan layanan pembayaran digital.
Program CAMELIA mengadakan berbagai rangkaian kegiatan terkait akses ke layanan lembaga keuangan formal dengan produk tabungan usaha dan pinjaman modal. Lalu memberikan peningkatan literasi keuangan dan literasi digital yang diperlukan untuk memperkuat bisnis mereka. Diharapkan dari kegiatan tersebut dapat meningkatkan pendapatan, menciptakan lapangan kerja, dan membangun masa depan usaha yang lebih tangguh.
Dengan berakhirnya Program CAMELIA di akhir bulan April 2022, MCI mengadakan kegiatan Learning Event & Closing Program CAMELIA yang dihadiri oleh peserta, fasilitator dan mitra program. Kegiatan ini memiliki tujuan memaparkan pembelajaran Program CAMELIA kepada peserta dan mitra program sebagai bahan rekomendasi kegiatan di masa yang akan datang. Peserta dan komunitas diberikan waktu untuk berbagi pengalaman dari strategi yang telah dilakukan dalam upaya bertahan dan tumbuh di masa pandemi Covid-19.
Dalam sesi pemaparan pembelajaran dan pencapaian program, Atya S. Marsyeila selaku Program Manager CAMELIA menyebutkan bahwa CAMELIA telah memberikan pelatihan dan pendampingan untuk meningkatkan literasi keuangan dan literasi usaha kepada 321 peserta dan 33 peserta di antaranya adalah kelompok kurang terepresentasikan (underrepresented group). “Program juga telah meningkatkan akses usaha perempuan pengusaha kecil ke layanan keuangan dengan capaian 266 peserta membuka rekening baru di bank dan dompet digital DANA Indonesia, 48 peserta mengakses pinjaman usaha dan 257 peserta mengaplikasikan pembayaran digital setelah mendapat intervensi dari program,” ujarnya.
Terakhir, peserta berhasil meningkatkan pengelolaan keuangan dan pengembangan usaha mereka. Terbukti dengan 212 usaha peserta mengalami peningkatan pendapatan dengan rata–rata peningkatan peserta adalah 58.4% dari pendapatan sebelum mengikuti Program CAMELIA.
Selain itu, MCI juga memberikan plakat kepada mitra – mitra program yang telah mendukung rangkaian kegiatan Program CAMELIA. Dari kerja sama yang sudah dilakukan, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta agar menciptakan ekosistem masyarakat yang positif. Serta dapat menggerakkan kembali roda perekonomian di tengah kondisi pandemi COVID-19 sehingga dapat berkontribusi secara nyata terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. (sam/ley)