spot_img
Thursday, June 20, 2024
spot_img

Michael Gambon, ‘Dumbledore’ Harry Potter, Meninggal Dunia

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Malang Posco Media – Aktor Michael Gambon, dikenal luas atas perannya sebagai Profesor Dumbledore dalam seri film “Harry Potter” dan dianggap sebagai salah satu talenta akting terbaik dari Inggris, meninggal pada usia 82 tahun.

Pada Kamis (28/9), keluarganya mengeluarkan pernyataan resmi melalui sebuah perusahaan hubungan masyarakat untuk mengonfirmasi kepergian beliau.

“Michael meninggal dengan tenang di rumah sakit bersama istrinya, Anne, dan putranya Fergus di samping tempat tidurnya, setelah menderita pneumonia,” kata pernyataan itu, dilaporkan New York Times, Kamis (28/9).

Aktor berbakat tersebut mendapat julukan “the great Gambon” setelah memukau penonton dengan penampilannya dalam drama “Life of Galileo” karya Brecht yang dipentaskan di Teater Nasional London pada 1980-an. Sebelumnya, Gambon telah mencetak kesuksesan, terutama melalui karyanya dalam drama karya Alan Ayckbourn dan Harold Pinter.

Peter Hall, yang pada waktu itu menjadi direktur artistik di Teater Nasional, mendeskripsikan Gambon sebagai seseorang tidak sentimental, berbahaya, dan sangat berkuasa.

Ia mengenang bagaimana Gambon di awal karirnya pernah mendekati empat sutradara terkemuka untuk menerimanya dalam peran utama, namun mereka menolak Gambon dan mengatakannya “tidak cukup berbintang”.

Gambon menikmati kesuksesan pada film “The Cook, the Thief, His Wife and Her Lover”(1989) karya Peter Greenaway, dan terus mengambil peran dalam film-film besar seperti “Sleepy Hollow”, “The Insider”, dan “Gosford Park”.

Selanjutnya, dengan kharisma janggut panjang dan topi khasnya, ia sukses memerankan sosok Profesor Albus Dumbledore dalam seri “Harry Potter”, menggantikan peran yang semula diperankan oleh Richard Harris setelah ia meninggal pada 2002. Gambon juga dikenal lewat suara merdunya yang menjadi daya tarik di sejumlah film, termasuk saat ia menyuarakan Paman Pastuzo dalam dua film “Paddington” dan sebagai narator dalam “Hail, Caesar!”.

Dalam laporan The Guardian, pihak keluarga untuk sementara waktu meminta masyarakat untuk menghormati privasi keluarga di momen kelabu ini.

“Kami meminta Anda menghormati privasi kami di saat yang sulit ini dan terima kasih atas pesan dukungan dan cinta Anda,” tulis keluarga. (ntr/mpm)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img