MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Sepanjang tahun 2021, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) berhasil mencatatkan penjualan yang membanggakan. Tercatat penjualan 2021 mengalami peningkatan sebanyak 90,6 persen dibandingkan tahun 2020.
Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) 2021, kendaraan penumpang dan niaga ringan MMKSI mencapai 104.407 unit dalam periode Januari 2021 hingga Desember 2021. Angka tersebut terbagi menjadi penjualan model kendaraan penumpang sebanyak 68.152 unit dan kendaraan niaga ringan sebanyak 36.225 unit.
Di model kendaraan penumpang, Mitsubishi Xpander mampu terjual sebanyak 28.424 unit di tahun 2021 sedangkan Mitsubishi Xpander Cross terjual sebanyak 22.383 unit. Secara keseluruhan kedua unit tersebut menempati pangsa pasar sebanyak 31 persen di segmen small MPV.
President Director of PT MMKSI, Naoya Nakamura, menyampaikan, keberhasilan dalam menjaga posisi di pasar otomotif Indonesia juga menjadi bukti nyata komitmen MMKSI untuk para konsumen. Komitmen untuk memberikan yang terbaik dari yang paling baik untuk masyarakat meskipun dalam keterbatasan yang ada.
“Kami ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada seluruh pihak yang telah mendukung proses perkembangan bisnis MMKSI. Upaya MMKSI di tahun lalu pun terjawab dengan capaian penjualan yang positif dan menjadi motivasi kami untuk meraih lebih baik lagi dan terus berinovasi demi memberikan layanan terbaik untuk meningkatkan kepuasan konsumen,” ungkap Naoya.
Dari sisi purnajual, MMKSI juga mendapatkan pencapaian positif ditunjukkan dari pertumbuhan penjualan suku cadang naik sebesar 29 persen dibandingkan dengan tahun 2020. Hal tersebut tentunya menjadi motivasi MMKSI untuk terus memperbaiki dan menyempurnakan layanan yang sudah ada.
Lebih lanjut, Gaikindo memproyeksikan penjualan mobil baru di 2022 sebanyak 900.000 unit. Target tersebut memberikan dorongan bagi MMKSI agar terus mempertahankan eksistensi dan memacu untuk meramaikan kompetisi pasar otomotif baik dalam sisi produk, layanan penjualan dan purna jual terbaik kepada konsumen.
“Sepanjang tahun 2021, MMKSI telah banyak memberikan inovasi produk serta layanannya. Dari sisi produk, MMKSI telah menghadirkan New Pajero Sport, Xpander Rockford Fosgate Black Edition, Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition, serta New Xpander dan New Xpander Cross,” urainya.
Tidak hanya itu, sebagai bentuk kontribusi MMKSI dalam mempercepat perkembangan mobil listrik di Indonesia, MMKSI juga menghadirkan Minicab MiEV pada ajang GIIAS 2021. Sementara dari sisi pelayanan, MMKSI tetap secara aktif memperluas fasilitas diler serta bodi dan cat di beberapa daerah di Indonesia.
“Kami juga menghadirkan Mitsubishi Virtual Assistant (MIRA) serta beragam inovasi pada fitur-fitur My Mitsubishi Motors ID (MMID) yang memberikan warna baru dalam dunia digital dan mengutamakan kenyamanan bagi penggunanya untuk mendapatkan layanan terbaik MMKSI,” tutup Naoya. (lin)