spot_img
Thursday, June 20, 2024
spot_img

Modal Sepeda dari Pasar Loak, Wujudkan Regenerasi Atlet MTB Downhill di Malang Raya

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Hildan Afosma Katana, dari Prestasi Buka Academy

Hildan Afosma Katana, akrab disapa Afos sudah merasakan jatuh bangunnya berkarir dalam olahraga MTB Downhill. Mulai tahun 2005 berlatih menggunakan sepeda yang dibelinya di Pasar Loak. Jatuh dan berjibaku pada trek yang dilintasi menjadikannya semakin bersemangat menekuni olahraga ini.

Kini karirnya gemilang. Ia pun turut mengembangkan olahraga MTB Downhill di Malang Raya.

Dengan bekal pengalaman yang dilalui selama kompetisi daerah, nasional, hingga Asia, kini ia melatih para riders dari berbagai wilayah Malang Raya. Bahkan sudah mencetak atlet ikut berbagai kompetisi nasional. Kendati tidak seperti pada masanya Afos, prospek olahraga MTB Downhill saat ini disebutnya telah mendapat dukungan penuh pemerintah dengan berbagai sarana dan prasarana. 

“Saya membuka academy untuk melatih anak usia dini hingga remaja. Ini agar olahraga MTB  Downhill ini terus mengalami regenerasi, ” paparnya saat ditemui usai latihan, Rabu pagi (31/1) kemarin.

Academy Afos Katana Family mulai dibuka pada tahun 2017 lalu. Ia melatih laki-laki dan perempuan berusia 5 tahun hingga 19 tahun, termasuk anak-anak yang berada di wilayah sekitar tempatnya tinggal. Selebihnya berasal dari berbagai wilayah di Kota Malang dan Kabupaten Malang.

“Tadi saya latihan startnya dari Batos (Batu Town Square) ke arah Kayutangan Kota Malang lalu finish di Alun-alun Kota Batu. Start mulai pukul 07:00 dan finish pukul 10:00 WIB,” sambung alumnus SMK Brawijaya Kota Batu ini.

Afos menjelaskan, terdapat 20 riders yang telah dilatih. Jadwal latihan mereka seminggu enam kali. Mulai dari hari Selasa sampai Sabtu, mulai pukul 15:00 – 17:00. Sedangkan hari Minggu dari pukul 08:00 – 12:00. Anak-anak latihan pas pulang sekolah. Tempat latihannya tergantung program. Namun seringkali latihannnya di trek Mbah Phatok yang terdapat di Songgoriti Kelurahan Songgokerto Kecamatan Batu Kota Batu.

“Setiap latihan wajib menggunakan alat pengaman. Biasanya juga orang tua menunggu anaknya latihan untuk terus memantau,” ujar pria yang mendapat medali emas SEA Games 2013 ini.

Selain mengelola Academy yang dibukanya, Afos juga tak jarang dipanggil sebagai trek building dan guide sepeda.

Bapak satu anak ini memulai kompetisi MTB Downhill di Cilegon Banten pada tahun 2008. Saat itu ia berkompetisi dalam skala nasional dan mendapat juara satu. Setahun kemudian ia mengikuti Asia Championship di Malaysia dan kembali mendapat juara.

“Pertama kali melatih saya orang Batu sini bernama  Rudhanton Sidharta. Kemudian diajak kompetisi.  Dari sini berjenjang kemudian mendapat panggilan dari timnas untuk mengikuti SEA Games 2013 di Myanmar,” lanjutnya.

Kompetisi ini Afos mendapat medali emas. Kategori yang dikutinya MTB Downhill trek dengan jarak 1,5 km. Dengan segala rintangannya untuk mencapai waktu terbaik SEA Games 2 menit 12 detik.

“Sebelum dipanggil mengikuti SEA Games saya sempat di kontrak Polygon sebagai riders dan brand ambasor selama beberapa tahun dan juga pernah berlatih di Belgia,” pungkasnya. (den/van)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img