spot_img
Sunday, March 3, 2024
spot_img

MTs Negeri 3 Malang; Raih Perunggu KREASI Nasional

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG –  Siswa MTs Negeri 3 Malang kembali menorehkan prestasi di ajang Kompetisi Riset dan Inovasi Siswa Indonesia (KREASI) bidang Matematika, Sains, Teknologi dan Lingkungan (MSTL), akhir pekan lalu.

Bertempat di Balai Pengbangan Talenta Indonesia (BPTI), dua peserta didik kelas 8 MTsN 3 Malang, Balqis Ariqah Syahirah dan Arisqa Yurisindya Kusnanda berhasil meraih medali perunggu.

Karya penelitian yang dipresentasikan oleh Balqis dan Arisqa berjudul : Biosurfaktan Daun Binahong dan Kulit Pepaya sebagai Inovasi Detergen Biodegradable Ramah Lingkungan, dipertahankan dalam beberapa tahap penyisihan, semi final hingga final secara luring di Balai Pengembangan Talenta Indonesia Kemendikbud Ristek.

Kepala MTsN 3 Malang, Dra. Hj. Warsi, M.Pd., menyampaikan rasa bangganya atas prestasi yang diraih oleh Balqis dan Arisqa. Ia menyampaikan, ajang KREASI merupakan kompetisi penelitian dan inovasi yang diselenggarakan oleh Artificial Intelligence Center Indonesia – LST Universitas Indonesia dan Insan Madani Center (IMC). Kompetisi ini diikuti oleh siswa-siswi SMP/MTs dari seluruh Indonesia.

“Kami sangat bangga atas prestasi yang diraih oleh Balqis dan Arisqa. Ini merupakan bukti bahwa peserta didik MTsN 3 Malang memiliki potensi yang besar dalam bidang penelitian dan inovasi. Kami berharap, prestasi ini dapat menjadi motivasi bagi peserta didik lainnya untuk terus berkarya dan berprestasi. Tak lelah berkompetisi, insyaallah prestasi jadi tradisi,” ujar Warsi.

Sementara itu, Pembimbing Balqis dan Arisqa Maya Oki Septiani S.Pd. merasa senang dan bangga dengan prestasi tersebut. Ia merasa, mereka berdua layak memperoleh prestasi ini.

“Perjuangan mereka sangat luar biasa. Tentu sebagai pendamping akan memberikan yang terbaik buat mereka dan berjuang bersama,” ucap Maya Oki.

Sementara itu, Balqis dan Arisqa mengaku senang dan bersyukur atas prestasi yang mereka raih. Mereka mengakui bahwa perjuangan panjang ini butuh kerja keras. Dan jam terbang dalam dunia meneliti, presentasi dan kompetisi yang diberikan oleh MTsN 3 Malang sangat kuat dalam membentuk mental berlomba.

“Kami senang dan bersyukur atas prestasi yang kami raih. Kami berharap, prestasi ini dapat motivasi kami untuk terus belajar dan bermanfaat bagi teman-teman lainnya dalam memahami materi biosurfaktan dan lingkungan,” ujar Balqis dan Arisqa.

Dalam kompetisi tersebut, dua siswa MTsN 3 Malang juga masuk finalis lainnya, yaitu Dina Chameilia Nur Muslimah Kelas 9 dan Alea Putri Styaningrum Kelas 8 pada bidang Ilmu Sosial Humaniora dan Keagamaan (ISHK).

“Kami merasa mendapatkan pengalaman yang luar biasa bisa bertemu dan berbagi pengalaman dengan teman dari berbagai pulau dan daerah. Motivasi kami semakin membara berkat atmosfer lomba luring bertaraf nasional ini menambah semangat kami,” ungkap Dina. (hud/imm)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img