spot_img
Tuesday, May 21, 2024
spot_img

Naik Trail Susur Pantai dan Desa, Nikmati Indahnya Sunset di Balekambang

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA- Surganya wisata pantai ada di selatan Kabupaten Malang. Libur lebaran tak ngelencer ke pantai di selatan Malang bisa jadi liburan tak berkesan.

Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis)  Desa Wisata Bowele Purwodadi Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang Mukhlis mengatakan pihaknya menyediakan paket wisata berkesan tak terlupakan.  “Terbaru jelajah pantai  menggunakan trail. Menjelajah lima pantai, yaitu Lenggoksono, Banyuanjlok, Bolu-bolu, Wediputih dan Wediawu, ” kata Mukhlis. Dari pantai, lanjut dia, wisatawan mengendarai motor trail  keliling desa.

“Total jarak yang ditempuh sekitar 10 kilometer. Tapi tentu saja bukan medan biasa. Medan yang di jelajah betul-betul memacu adrenalin dengan pemandangan yang sangat menakjubkan,” tambah Mukhlis.

Salah satu spotnya menggunakan trail,  wisatawan diajak naik tebing dengan motor. Di atas tebing  wisatawan menikmati pemandangan teluk Bowele.

Selain itu wisatawan juga bisa kbermain trail di Pantai Bolu -Bolu.

“Meskipun medan yang dilalui bukan medan biasa, tapi jangan kawatir untuk keamanannya. Karena setiap jelajah trail selalu ada tour guide yang mendampingi,” tambahnya.

Biaya jelajah trail menurut Muklish  cukup murah.  Cukup membayar Rp 150 ribu – Rp 250 ribu. Fasilitasnya selain mendapatkan satu tour leader, juga mendapat makan satu kali dan buah.

“Kalau membawa motor sendiri biayanya Rp 150 ribu. Kalaumotor dari kita bayar sewanya Rp 250 ribu. Fasilitas lainnya makan satu kali dan guide. Sewa minimal untuk dua orang, ” kata dia.

Beberapa fasilitas  lain di Pantai Wediawu di antaranya  tiga unit guest house. Bisa menampung untuk tiga  keluarga.

“Kami juga menyediakan  camping ground, ” tambahnya.

Dia mengatakan selama libur lebaran, sudah banyak tamu yang sudah reservasi untuk menikmati liburan di Pantai Bowele. Tidak hanya wisatawan nusantata tapi juga mancanegara.

“Kami tidak memberlakukan tiket masuk. Namun paket wisata. Tamu menginap, kemudian kami ajak berkeliling sesuai dengan paket yang dipilih, ” ungkapnya.

 Sementara pengelola Pantai Balekambang mentargetkan kunjungan wisata selama libur lebaran bisa mencapai puluhan ribu. Angka itu bukan tanpa hitungan. Salah satu bandingannya adalah saat sebelum Covid-19. Kunjungan wisata mencapai 30 ribu.

“Untuk akses jalan memang masih kurang. Tapi kami yakin, sebagai ikon Kabupaten Malang akan banyak wisatawan datang di Pantai Balekambang, ” ungkap Koordinator Pantai Balekambang Sudjono.

Pantai Balekambang yang ada di Desa Srigonco Kecamatan Bantur terdapat   pura. Untuk menghubungkan pengunjung harus melewati jembatan.

“Di sini wisatawan dapat melihat sunset yang sangat indah. Matahari dengan warna keemasan perlahan turun, itu sangat menakjubkan, ” tambah Djono, sapaan akrabnya.

Pantai Balekambang juga dilengkapi beberapa fasilitas. Di antarnya spot foto menarik.(ira/van)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img