spot_img
Friday, March 1, 2024
spot_img

Naturalisasi Atlet di Berbagai Casbor Tetap Memastikan Atlet Bersangkutan Memiliki Aspek Keturunan Indonesia

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Malang Posco Media, Jakarta- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo memastikan naturalisasi atlet yang dilakukan tidak menutup fokus pihaknya dalam membina atlet-atlet lokal untuk meningkatkan prestasi olahraga di Tanah Air.

“Saat ini di Kemenpora memang kami tidak menutup fokus kepada pembinaan atlet lokal pastinya,” kata Dito dalam rapat kerja bersama Komisi X DPR RI di Jakarta, Senin, terkait usulan naturalisasi dua pesepakbola asal Belanda, asal Belanda, Jay Noah Idzes dan Nathan Tjoe-A-On, untuk memperkuat Timnas Indonesia.

Ia mengatakan, pembinaan atlet-atlet lokal tetap dilakukan melalui Program Tarkam Kemenpora maupun kegiatan lainnya yang memunculkan talenta baru atlet di berbagai daerah.

Dito menjelaskan, naturalisasi atlet yang dilakukan di berbagai cabang olahraga tetap memastikan bahawa atlet bersangkutan memiliki aspek keturunan dari orang Indonesia.

Ia mencontohkan seperti dua pesepakbola, Jay Noah Idzes dan Nathan Tjoe-A-On, yang diajukan untuk naturalisasi memiliki ibu yang merupakan orang Indonesia.

“Jadi tidak ingin lagi kami naturalisasi yang tidak ada hubungannya dengan darah Indonesia,” katanya.

Lebih lanjut, Dito mengatakan, Kemenpora bertekad agar ke depan tidak menaturalisasikan atlet yang sama sekali tidak memiliki faktor keturunan dari Indonesia.

Untuk itu, kata dia, Kemenpora terus memperkuat basis data terkait keberadaan warga diaspora di luar negeri yang benar-benar merupakan keturunan tingkat pertama.

“Jadi tidak mau lagi dicari-cari buyutnya atau apanya lalu ketemu ada faktor keturunan orang Indonesia, nah itu saya juga tidak mau,” katanya.

Dilansir dari Antara, Dito menambahkan, naturalisasi atlet juga sebagai upaya memberikan hak kepada warga keturunan orang Indonesia karena orang tua mereka juga menginginkan agar anaknya dapat membanggakan Indonesia.

“Jadi ini salah satu cara olahraga kita bisa bersaing di internasional dan mereka (atlet naturalisasi) bisa membawa kultur di tempat mereka saat ini bisa menular juga ke atlet lokal karena selain dari performa, aspek ini juga sangat berpengaruh,” katanya.

(ntr/jon)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img