MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Perlahan namun pasti, langkah desainer asal Malang, Boy Barja, untuk go international akan terwujud. Dengan mengusung brand kebanggaannya, Naeos, Boy Barja menunjukkan eksistensinya di berbagai runway berkelas internasional. Seperti Bangkok Kids International Fashion Week di Thailand hingga International Fashion Runway di Malaysia.
Kepada Malang Posco Media, Boy mengaku impian terbesarnya sebagai seorang desainer adalah membawa brand-nya dikenal di dunia. Untuk meraih impian tersebut, ia tak mau berpangku tangan hanya menunggu keajaiban. Ia pun memilih untuk menjemput bola dengan mengikuti ajang runway berkelas internasional yang digelar di luar negeri.
“Seiring dengan perkembangan media sosial, Naeos pun banyak dikenal oleh kalangan fashionista. Saya pun mendapat tawaran demi tawaran untuk show di berbagai runway. Salah satunya dari penyelenggara Bangkok Kids International Fashion Week tahun 2024 lalu. Setelah saya research, ternyata event ini bagus dan bergengsi. Saya pun coba mengikutinya,” ujar Boy.
Keputusan Boy mengikuti ajang ini tentu terbilang nekat. Terlebih sebelumnya tidak ada desainer asal Malang yang berani mengikuti event internasional di luar negeri. Beruntung dalam penyelenggaraan tersebut Boy didukung oleh panitia yang professional. Sehingga show perdananya di ajang internasional berjalan mulus.
Dari pengalaman pertama tersebut, ternyata Boy jadi ketagihan. Ia mencoba ikut serta lagi di ajang dan negara yang berbeda di tahun yang sama, yakni International Fashion Runaway yang digelar di Malaysia. Dan di tahun 2025 ini, ia Kembali mengulang kesuksesan dengan mengikuti lagi Bangkok Kids International Fashion Week.
“Jika di tahun 2024 lalu saya menjadi satu-satunya wakil Indonesia di Bangkok Kids International Fashion Week, tahun ini saya mengajak dua desainer asal Malang untuk bergabung. Keikutsertaan teman-teman desainer dari Malang membuat saya jadi lebih mudah selama penyelenggaraan di sana,” sambungnya.
Tujuan utama Boy sendiri sebenarnya mengikuti runaway di Korea. Namun butuh effort lebih untuk bisa tampil di sana. Sempat ada tawaran dari event di Korea dan New York, tapi ia harus bersabar dulu karena dananya yang cukup besar.
“Semoga ke depan, saya bisa mewujudkan impian yang ini dan semakin melebarkan sayap untuk go international. Dan yang tak kalah pentingnya, brand Naeos sebagai line yang fokus pada busana anak dan remaja semakin dikenal,” pungkasnya.
Seperti yang diutarakan Boy, Naeos sendiri concern menghadirkan busana pesta untuk anak dan remaja. Kali pertama dilaunching, Naeos tampil dengan koleksi casual. Namun seiring dengan berjalannya waktu, Naeos mulai merambah ke busana pesta dan avantgarde. Boy melalui Naeos ingin menghadirkan busana anak dan remaja sesuai dengan usia mereka. Bukan busana pesta ala dewasa. (sir/nda)