Oleh: Prof. Dr. Anwar Sanusi, S.E., M.Si, Rektor Universitas Merdeka Malang
MALANG POSCO MEDIA – Kehadiran brand baru New Malang Pos menjadi Malang Posco Media sangat kami sambut dengan positif. Karena harapannya dengan brand baru itu banyak membawa perubahan-perubahan besar. Segmentasi pembaca bisa lebih luas karena tampilannya lebih cerah dan untuk anak-anak muda itu juga sangat cocok.
Kehadiran Malang Posco Media ini diharapkan, anak-anak muda bisa jadi lebih tertarik baca surat kabar. Harus kita akui pembaca surat kabar dari kalangan anak muda itu masih harus ditingkatkan karena mereka banyak ke media-media online. Padahal kalau surat kabar itu sifatnya lebih terpercaya. Trust dan tanggung jawabnya lebih besar. Ya, karena sifatnya yang tidak mudah diedit atau dihilangkan seperti media online.
Kami sebagai pimpinan perguruan tinggi Universitas Merdeka Malang tentu berterima kasih karena memang Malang Posco Media sangat responsif terhadap kegiatan kami. Selama ini, selalu memberikan berbagai ulasan dan liputan yang sangat bagus terhadap kegiatan yang kita lakukan. Wartawannya ketika ada sesuatu bisa langsung dihubungi. Mereka juga sangat aktif mencari pemberitaan di kampus.
Kadang kala kami saja melihat, misal suatu kegiatan itu sebenarnya biasa saja dan ‘news value’ nya juga tidak tinggi. Tetapi ternyata Malang Posco Media itu bisa mengemasnya sampai ‘news value’nya itu jadi tinggi. Sehingga beritanya pun justru jadi makin menarik untuk dibaca.
Ketika kami memublikasikan sesuatu bersama Malang Posco Media harapannya bisa eksten dan lebih luas. Kami juga targetnya memberitakan sesuatu yang baik dan positif kepada anak-anak muda, supaya terinsipirasi dengan kegiatan di Unmer Malang.
Bagaimana kemudian Malang Posco Media itu sebagai brand baru juga berupaya agar anak muda itu tertarik baca surat kabar. Dimana pemberitaanya lebih komprehensif dan tidak asal. Fungsi fungsi gatekeeper sangat bagus dan ketat. Sehjngga berita-berita yang keluar itu berita yang bagus dan akurat.
Kemudian, pembacanya lebih luas lagi. Selama ini mungkin paruh baya yang masih baca surat kabar, anak muda tidak terlalu mencari. Nah ini perlu strategi bersama bagaimana caranya. Karena surat kabar ini punya kelebihan daripada online.
Kalau dari preview dan layoutnya, sangat bagus. Selanjutnya perlu copywriting membuat judul lebih menarik perhatian anak-anak sekarang. Anak sekarang memang suka yang tidak terlalu formal. Saya pikir bukan butuh rubrik tertentu, tapi secara keseluruhan bagaimana cara pemilihan kata judul yang lebih kena untuk anak muda. Lebih ke copywriting dan dikemas lebih menarik.
Kami ingin ke depan Unmer bersama Malang Posco Media lebih berjalan baik hubungannya. Lebih banyak kegiatan kami yang bisa dipublish di Malang Posco Media. Karena mahasiswa kami juga aktif mempublish di media instagram dan online, selanjutnya kita bisa kolaborasi bagaimana menulis jurnalistik yang bagus. Apalagi mahasiswa kami dari berbagai bidang studi yang tidak semua paham jurnalistik. Selamat dan sukses Malang Posco Media.(*)