spot_img
Thursday, July 25, 2024
spot_img

New Liga 1

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Malang Posco Media – Siap-siap. Tontonan olahraga yang paling disuka manusia sejagad bakal kembali bergulir di Indonesia. Ya, siap-siap kick off kompetisi Liga 1 2023/2024. PSSI dan  PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator kompetisi telah memastikan Liga 1 dimulai 1 Juli mendatang.

Jadwal terbaru ini lebih maju dibandingkan rencana semula digulirkan 14 Juli. Rupanya PSSI ingin segera menggelar Liga 1 sebagai kasta tertinggi kompetisi sepak bola di Indonesia. ‘Tak peduli’ persiapan 18 tim pesertanya seperti apa.

- Advertisement -

Siap tidak siap, mereka sebagai obyek tontotan harus siap dalam New Liga 1. Liga 1 baru. Lantaran mulai musim ini, PSSI dipimpin Ketua Umum yang baru, Erick Thohir. Untuk itu, Liga 1 edisi 2023/24 ini punya format baru. Berbeda dari sebelum-sebelumnya.

Terdapat reguler dan championship series. Babak regular series dengan sistem home and away selama 34 pekan. Dilanjut championship series, empat klub di posisi klasemen teratas pada reguler series bertanding lagi memperebutkan gelar juara. Sekaligus memastikan slot AFC Champions League dan AFC Cup.

Semoga New Liga 1 ini bukan hasil buru-buru, dengan segala pertimbangan dari Ketua Umum PSSI yang baru. Maklum, tradisi sebelumnya, atau bahkan kompetisi di negara lain, biasanya ada pra musim atau pre season.

Kali ini zonk. Tidak ada Piala Presiden, tidak ada Piala Menpora, tidak ada Piala Gubernur atau Trofeo-Trofeo atau turnamen pra musim lainnya. Tak ada ‘pemanasan’ untuk kontestan Liga 1.

Sah-sah saja  sih. Itu sebuah pilihan. Hanya saja, kondisi ini dikhawatirkan bakal menurunkan kualitas Liga 1 itu sendiri. Artinya, saat tim belum siap, harus ‘dipaksakan’ tampil di kompetisi sekelas Liga 1.

Meski PSSI dan PT LIB berusaha meyakinkan berusaha kompetisi lebih berkualitas dan bisa bersaing di level internasional. Menghadirkan sederet inovasi dalam format dan sistem yang semakin kompetitif dan seksi dalam spirit industrialisasi sepak bola nasional.

Okelah. Semoga itu juga didukung kualitas tim peserta yang diindustrialisasikan. Jangan sampai ada tim yang sebenarnya tidak siap di kompetisi Liga 1. Maunya jadi hiburan menarik yang kompetitif, malah sebaliknya. Semoga tidak.

Pada prinsipnya, kami mendukung sepak bola Indonesia dengan kebijakannya yang baru. Demi kemajuan semua aspek di sepak bola, terkhusus Timnas Indonesia.  Termasuk kami mendukung Arema FC, sebagai wakil Malang di New Liga 1.

Dengan segala persiapan Arema FC, semoga bisa memberi yang terbaik. Entah saat ini sudah siap atau belum. Komposisi pemain belum full team. Uji coba lawan sepadan pun masih minim. Rencananya akan lawan Bali United akhir pekan ini.

Seperti diberitakan di halaman 1 Ekoran Malang Posco Media edisi Minggu 18 Juni 2023. Selain berita Arema FC yang akan menyongsong Liga 1, ekoran kali ini masih membahas wisata Malang Raya jelang liburan sekolah. Serta rubrik-rubrik lainnya yang menarik. (*)

- Advertisement - Pengumuman
- Advertisement -spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img