spot_img
Monday, July 22, 2024
spot_img

Novelis Muda, Karya Dibaca 17,9 Juta Kali

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA- Masih berstatus sebagai mahasiswa baru (maba) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). L Dela Fimeta berhasil menunjukkan prestasinya. Salah satunya di bidang kepenulisan.

Ia seorang novelis muda. Karyanya sudah dibaca lebih dari 17,9 juta kali  di platform Wattpad. 

- Advertisement -

Merintis karir sebagai seorang novelis bukan hal yang gampang. Kepada Malang Posco Media, wanita kelahiran tahun 2003 ini  menceritakan awal mula menulis berawal dari ngefans terhadap salah satu novelis yang dulu kuliah di UMM. Yakni Lulu HF penulis novel Mariposa yang banyak digandrungi kalangan remaja.

“Salah satu motivator saya yang cukup memberikan banyak suntikan motivasi untuk berkarya ya Kak Lulu ini. Saya awalnya ngefans Kak Lulu. Karya-karyanya selalu disukai   banyak orang. Berangkat dari sana, saya mulai mencoba untuk belajar menulis,” terang Dela.

Dia mulai berlatih menulis sejak tahun 2018. Awalnya hanya sekadar menulis cerita pendek (cerpen). Kemudian dunia kepenulisan tersebut ia tekuni, hingga di tahun 2019   memulai untuk karya novel pertamanya. Kegigihannya menjadi seorang novelis yang namanya bisa dikenal banyak orang membuahkan hasil. Salah satu karya perdananya   berjudul Auralaska berhasil mendapatkan atensi dari masyarakat.

“Alhamdulillah, novel pertama saya yang dulu awalnya ditulis di Wattpad sudah di baca lebih dari 17,8 juta orang. Ini merupakan suatu pencapaian yang sangat luar biasa bagi saya,” katanya.

“Dari saya yang hanya sekadar mengagumi seseorang dan termotivasi untuk dapat menghasilkan karya, alhamdulillah karya saya dapat diterima oleh masyarakat luas,” sambung Dela. 

Untuk mengumpulkan pembaca butuh banyak perjuangan yang dilalui  Dela. Salah satunya  membuat video promosi terkait dengan cerita-ceritanya yang kemudian di upload melalui media sosial seperti Instagram dan juga Tiktok.

“Hampir setiap hari saya membuat lima video promosi untuk novel saya di Wattpad. Alhamdulillah dari sana ternyata banyak yang tertarik juga untuk membaca sehingga di tahun 2021 berhasil diterbitkan dalam versi cetak,” ceritanya.

Gayung bersambut, novel pertamanya yang berhasil menghimpun banyak pembaca dilirik penerbit. Dela diajak berkolaborasi dalam menerbitkan novel-novel selanjutnya.

Bahkan mahasiswa UMM dari Prodi Bahasa Indonesia ini mendapat tawaran kerjasama dari salah satu penerbit untuk berkolaborasi bersama dengan para penulis lainnya. Salah satunya Erisca Febriani, penulis dari novel Dear Nathan dan beberapa sekuel lainnya yang cukup banyak digandrungi  kalangan  remaja beberapa tahun terakhir ini.

“Suatu kebanggaan bagi saya mendapatkan penawaran tersebut. Yang mana saya sendiri masih banyak kekurangan di berbagai sisi, untuk dapat berkolaborasi dalam satu project bersama dengan kak Erisca. Siapa yang tidak kenal beliau, novel Dear Nathan dan Hello Salma yang berhasil diangkat ke layar lebar,” ceritanya.

Novel hasil kolaborasi tersebut berjudul Waktu dan Tenggara. Diterbitkan Juli tahun 2023 lalu. Novel tersebut masih berkisah tentang romantisme di perguruan tinggi. Saat menulis novel itu,  Dela belum kuliah. Sehingga tantangan besar baginya untuk dapat mengeksplorasi dunia perguruan tinggi. (adm/van)

- Advertisement -spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img