spot_img
Thursday, June 20, 2024
spot_img

Nusantara Inspired Cuisine ala CaL Alter

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Setelah sukses dengan resto yang kini sudah berusia 9 tahun, manajemen CaL menghadirkan brand baru yang dilabeli dengan nama CaL Alter. Berbeda dengan CaL, CaL Alter menyajikan menu khas Nusantara yang ditampilkan dengan plating modern.

CaL Alter berada di pusat bisnis yang berkelas, yakni Jl Soekarno Hatta. Tepatnya berada di Seven Field Area, satu kompleks dengan Mopic Cinema. Dari luar bangunannya terlihat modern dengan fasad kaca sebagai material utama dinding. Begitu masuk ke area dalam, tampilan modern ini berpadu dengan ornament dan furniture kayu khas Indonesia.

Creative Director CaL Alter, Cyndhi Rukmana menjelaskan, CaL Alter merupakan sisi yang berbeda dari Cal. Di tempat ini, pengunjung tidak sekadar menikmati makanan lezat tetapi juga bersantai dan ngobrol dengan sahabat maupun kerabat dengan suasana yang lebih proper.

“Konsep tempat yang diangkat modern dengan sentuhan Nusantara. Itu sebabnya kami menggunakan furniture dari kayu Suntai, ada juga kursi rotan, ornament bergaya nusantara serta lukisan-lukisan alam Indonesia, seperti pantai dan Gunung Bromo,” ujar Cyndhi pada Malang Posco Media.

Pada hidangan yang disajikan, CaL Alter memiliki konsep unik. Yakni terdapat dua jenis hidangan berbeda, pertama untuk brunch dan kedua khusus untuk dinner. Sesuai waktunya, menu-menu yang masuk kelompok brunch dihadirkan lebih awal, yakni pada jam 08.00 hingga 16.00. Sedangkan menu yang masuk kelompok dinner, bisa dinikmati pada pukul 18.00 hingga 23.00.

Cyndhi menambahkan, khusus untuk brunch, menu yang disajikan lebih banyak hidangan yang simple, comfort food dan yang cepat dimakan. Alasannya karena pada jam-jam tersebut biasanya pengunjung memiliki waktu yang terbatas. Dari beberapa menu brunch yang dihadirkan, Smoke Beef Carbonara, Rice Bowl Marrow, The Famous Chicken Mozzarella adalah yang paling favorit.

“Kami membawa beberapa menu yang best seller di Cal karena banyak pelanggan yang request, seperti The Famous Chicken Mozzarella. Menu ini sejak kali pertama Cal berdiri, dulu namanya Calories, sudah menjadi best seller. Begitu kami membuka CaL Alter, menu ini juga yang sering ditanyakan. Sehingga kami pun memutuskan untuk mengadirkan The Famous Chicken Mozzarella di CaL Alter bersama menu best seller lainnya. Untuk beberapa menu brunch juga kami hadirkan pada saat dinner karena permintaan pengunjung,” tambahnya.

Untuk menu dinner, alumni SMAN 1 Malang ini mengatakan, konsep hidangan yang diangkat adalah Nusantara Inspired Cuisine. Sesuai dengan namanya, makanan yang disajikan adalah makanan khas nusantara, namun dengan platting modern. Salah satunya adalah Grilled Seafood w/ Spicy Curry.

“Hidangan ini tediri dari udang dan cumi bakar yang disajikan dengan kuah gulai. Rasa nusantaranya sangat kental namun tampilannya seperti menu western. Eksperimen inilah yang ingin kami share kepada pengunjung. Sehingga saat menikmati makanan di tempat kami, mereka tidak hanya puas dan kenyang, tetapi ada pengalaman yang membekas di hati,” sambung Cyndhi.

Selain Grilled Seafood w/ Spicy Curry, rekomendasi menu dinner lainnya yang pantang dilewatkan adalah Udang Bakar Soto Medan, Archipelago Grilled Gindara serta Ikan Bakar Dabu-dabu.

Sama seriusnya dalam penyajian makanan, untuk minuman CaL Alter juga tidak main-main. Bahkan Cyndhi bersama timnya rela melakukan research hingga luar kota untuk menemukan racikan minuman yang berbeda dengan tempat lain.

“Seperti menu Magic Latte. Di sini kami tidak menggunakan espresso seperti yang banyak digunakan oleh kafe atau coffee shop lain. Kami menggunakan ristretto yang memiliki rasa lebih kuat dibandingkan espresso. Kopi yang kami pilih pun full Arabica karena flavournya lebih kuat,” terangnya. (sam/nda)

==//==

CaL Alter

Jl Soekarno Hatta No 7, Seven Field Area

Jam Buka: 08.00-23.00

Menu Best Seller

Brunch:

•             Smoke Beef Carbonara

•             Rice Bowl Marrow

•             The Famous Mozzarella

Dinner:

•             Grilled Seafood w/ Spicy Curry

•             Archipelago Grilled Gindara

•             Udang Bakar Soto Medan

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img