spot_img
Tuesday, May 28, 2024
spot_img

Okupansi Hotel Capai 90 Persen

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA – Libur lebaran hampir berakhir. Selama momen liburan lebaran, pariwisata menjadi sektor yang mampu meraup panen. Termasuk, dari bidang perhotelan di Kota Malang.  Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Malang Agoes Basoeki mengatakan, dalam libur selama sembilan hari ini okupansi hotel-hotel yang ada di Kota Malang dalam kondisi hampir penuh.

“Alhamdulillah tahun ini rata-rata okupansi hotel di Kota Malang selama libur lebaran ini tercatat sekitar 80 persen sampai 90 persen,” ungkap Agoes kepada Malang Posco Media, Minggu (14/4) kemarin.

Agoes pun bersyukur, sebab pada awal libur kemarin yakni sekitar 6 April hingga 8 April, pihaknya mengaku masih sepi reservasi atau pemesanan kamar hotel. Beruntung kondisi itu ternyata tidak berlarut dan terus mengalami kenaikan.

“Untuk puncaknya (keterisian hotel), itu rata rata di hari Sabtu kemarin puncaknya atau H+3. Hari ini (kemarin, red) sudah mulai banyak yang checkout sehingga kami perkirakan besok (hari ini, red) sudah normal kembali,” tambah Agoes.

Penuhnya kamar hotel ini dikatakan Agoes tidak hanya terjadi di hotel-hotel bintang tiga ke atas saja. Tapi hotel hotel kecilpun, seperti hotel kelas melati atau bintang satu atau dua juga banyak yang penuh.

“Jadi kondisi tahun ini hampir sama dengan tahun lalu. Ratarata para pemudik dan memang sekalian berwisata. Tahun kemarin okupansi hotel juga berkisar 80 persen,” sebutnya.

Salah satu hotel di Malang, yakni Whiz Prime Hotel bahkan ketersediaan kamar kondisinya penuh tak bersisa hingga H+5 nanti. General Manager Whiz Prime Hotel Basuki Rahmat Malang Azis Sismono menilai kondisi ini kurang lebih sama dengan tahun lalu, hanya saja peningkatan okupansi tahun ini dikatakan dia sangat dadakan. Banyak yang memesan kamar di hari yang sama untuk tanggal menginap yang sama (sameday reservations).

“Alhamdulillah akhirnya bisa ‘full occupancy’ selama periode lebaran 8-15 April 2024, 100 persen selama tanggal tersebut. Besok (hari ini, red) masih banyak yang libur juga dan cuti bersama,” tutup dia. (ian/aim)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img