MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Mungkin berbeda dengan yang lainnya, Manuhara Widyapana membuka bisnis Eka media untuk dapat membantu para pelaku UMKM agar bisa tumbuh dan naik kelas dengan lebih baik. Hal itu ia lakukan sebagai salah satu panggilan hati setelah melihat peluang-peluang yang ada di lingkungan sekitarnya.
“Saya melihat di lingkungan sekitar saya itu masih banyak para pelaku UMKM yang rata-rata produknya bagus, namun belum bisa sejajar dengan produk-produk lainnya. Sehingga di sini saya membantu para pelaku UMKM tersebut agar bisa naik kelas dan bisa dinikmati oleh berbagai kalangan,”terangnya.
Memiliki segmen dari kalangan para pelaku UMKM maka ia juga harus menyesuaikan untuk produk-produk yang ia jual termasuk juga untuk jasa yang ia berikan. Hal itu adalah bentuk keikhlasannya dalam membangun bisnis agar bisa bermanfaat dengan yang lainnya
“Intinya adalah saya sendiri ingin dapat bermanfaat bagi lingkungan sekitar saya agar para teman-teman UMKM ini dapat grow up ataupun. Sehingga untuk produk-produknya dapat dikenal dan disebarluaskan tidak hanya di Malang saja namun juga bisa sampai ke berbagai pulau,”ucapnya.
Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah selalu upgrade diri menyesuaikan dengan berbagai tantangan yang ada di pasaran. Termasuk juga dalam hal pemasaran penting untuk memahami sektor mana saja yang sekiranya dapat menghasilkan. Apalagi dengan berbagai kemajuan zaman tentu kemudian kemudahan yang ditawarkan juga semakin meningkat.
“Dengan era yang serba canggih pemanfaatan teknologi yang tidak ada habisnya maka perlu banyak hal yang harus dilakukan termasuk juga dari hikamedia senantiasa untuk gencar melakukan branding dari produk dan promo di media ini menjadi salah satu cara saya untuk memperkenalkan produk kami ke berbagai daerah termasuk juga Malang,” imbuhnya.
Salah satu cara yang ia lakukan untuk dapat memperkenalkan produk-produknya ke khalayak ramai adalah dengan giat melakukan branding serta promo di media sosial untuk menjadi salah satu cara yang dilakukan oleh Manohara untuk menarik pelanggan.
“Meskipun kami banyak kompetitornya namun kami tidak pernah menghilangkan ataupun mengurangkan dari produk kami. Karena kami tahu bahwa sasaran kami adalah para pelaku UMKM yang beberapa juga mengalami kendala kesulitan. Yang terpenting semua dapat hidup bahagia,”paparnya.
Hal lain yang ditekankan oleh Manuhara juga terkait dengan relasi menurutnya relasi menjadi hal yang penting dan tak terlepaskan dalam dunia usaha. Karena dengan relasi yang banyak maka peluang usaha juga semakin lebih besar. (adm/aim)