spot_img
Thursday, February 22, 2024
spot_img

Pastikan Pemilu Berjalan Aman Dan Lancar

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Pj Cek Kesiapan Logistik Pemilu

MALANG POSCO MEDIA, KOTA BATU – Pesta demokrasi tinggal menghitung hari. Untuk memastikan segala kesiapan, Pj. Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai dan Sekda Kota Batu, Zadim Effisiensi didampingi Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Heru Joko Purwanto mengecek logistik pemilihan suara di gudang KPU yang berada di Jalan Sultan Agung, Kota Batu, Kamis (1/2) kemarin.

Dalam kegiatan ini Aries melihat segala kesiapan logistik Pemilu yang dilakukan oleh KPU Kota Batu sudah hampir 100 persen. Mulai dari kotak suara yang sudah tersegel rapi sesuai dapilnya masing-masing, sekaligus melihat proses pengemasan surat suara yang sudah tersegel.

Terlihat untuk kotak suara sudah terisi surat suara dan perlengkapan yang sudah tersegel sebanyak 4 lapis yang nantinya akan didistribusikan ke masing-masing TPS. Selain mengecek kesiapan logistik, Aries juga ingin memastikan kondisi gudang penyimpanan logistik yang baru saja direhab kondisinya aman.

“Sesuai dengan amanat Ibu Gubernur Khofifah salah satu tugas PJ walikota adalah untuk memastikan pemilu berjalan dengan aman dan lancar. Untuk itu kami datang ke kantor KPU, untuk melihat situasi kantor dan gudang penyimpanan logistik,” ujar  Aries kepada Malang Posco Media. 

Lebih lanjut, Pj. Aries berharap segala proses yang dilalui mulai penyiapan, pendistribusian hingga proses pencoblosan berjalan dengan aman dan lancar.

“Semoga dengan langkah ini kita ingin memastikan proses pelaksanaan pemungutan suara yang dimulai dari penyiapan pendistribusian hingga pelaksanaan pencoblosan suara 14 Februari mendatang, akan berjalan dengan lancar aman dan kondusif,” harapnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Batu, Heru mengatakan bahwa kesiapan logistik sudah hampir 100 persen. Begitu juga untuk kesiapan teknis pelaksanaan Pemilu pada 14 Februari nanti juga telah dilakukan simulasi Rabu (31/1) kemarin.

“Berdasar data KPU Kota Batu menetapkan 164.516 warga sebagai pemilih atau masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024. Secara rinci DPT yang ada di Kecamatan Batu sebanyak 75.536 pemilih, Kecamatan Bumiaji 48.145 pemilih dan Kecamatan Junrejo sebanyak 40.835 pemilih, yang akan memberikan suara di 611 TPS,” bebernya.

Kemudian untuk teknis saat simulasi kemarin di Bulukerto juga berjalan dengan baik. Dimana dalam pelaksanaannya satu persatu warga memasuki TPS. Selanjutnya mereka mengisi daftar hadir dan duduk secara tertib. Disisi lain, petugas KPPS memanggil satu persatu warga dan memberikan surat suara simulasi.

“Kemudian para pemilih menuju bilik suara dan mencoblos serta diakhiri dengan pemilih mencelupkan jari ke tinta sebagai tanda telah menggunakan hak pilihnya. Dari pelaksanaan teknis tersebut, terhitung setiap pemilih memiliki waktu 2,5 – 3 menit untuk seluruh proses,” pungkasnya. (eri/jon)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img