spot_img
Monday, June 24, 2024
spot_img

Pegawai Non ASN Mulai Uji Coba Seleksi CASN

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG- Sekitar 15 pegawai non ASN di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Malang mengikuti uji coba seleksi CASN, Senin (10/6) di Laboratorium CAT milik BKPSDM Kabupaten Malang.

Kepala BKPSDM Kabupaten Malang, Nurman Ramdansyah mengatakan ujicoba seleksi ini merupakan upaya yang dilakukan Pemkab Malang menyiapkan ratusan pegawai non ASN untuk mengikuti seleksi CASN mendatang.

“Uji coba ini untuk melatih teman-teman non ASN. Sehingga saat mengikuti seleksi, terutama ujian tulis menggunakan metode CAT mereka tidak lagi kebingungan,” katanya. Dia menambahkan, dalam ujicoba seleksi ini, para peserta mengerjakan 100 soal. Yang meliputi materi wawasan kebangsaan, sosio kultural dan manajerial.

“Untuk wawasan kebangsaan memperlihatkan sejauh mana peserta memahami nilai-nilai dan sejarah bangsa, sedangkan sosio kultural menunjukkan pemahaman terhadap dinamika masyarakat dan budaya. Sementara itu, kemampuan manajerial menjadi penanda penting dalam mengelola tugas dan tanggung jawab di lingkungan pemerintahan,” tambah dia.

Nurman mengatakan, tidak menjamin jika soal-soal yang dikerjakan peserta ujicoba seleksi tersebut sama dengan saat seleksi CASN mendatang. Tapi pria yang juga Pj Sekda Kabupaten Malang itu berharap, dari variasi soal yang tersedia tersebut, dapat membantu pegawai non ASN untuk mempersiapkan diri menghadapi seleksi CASN mendatang.

“Pemkab Malang mendukung penuh para pegawai non ASN untuk mengikuti seleksi CASN. Uji coba seleksi ini bagian dari dukungan itu,” ucapnya. Ujicoba seleksi CASN juga dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, akhir pekan kemarin dan diikuti oleh 540 pegawai non ASN.

Mereka juga mengikuti uji coba seleksi dengan metode CAT di Laboratorium CAT BKPSDM Kabupaten Malang. “Peserta cukup banyak sehingga ujicoba seleksi dibagi menjadi enam sesi. Masing-masing sesi, membutuhkan waktu 90 menit,” ungkapnya.

“Secara prinsip BKPSDM Kabupaten Malang bertugas memfasilitasi permintaan perangkat daerah yang memiliki tenaga Non ASN, untuk training penggunaan Lab CAT sebagai persiapan saat tes rekrutmen CASN nanti,” pungkasnya. (ira/mar)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img