spot_img
Tuesday, May 28, 2024
spot_img

Pekan Depan PDIP Buka Pendaftaran Cabup

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Pastikan Tetap Usung HM Sanusi

MALANG POSCO MEDIA-  Semakin dekatnya gelaran Pilkada serentak disikapi serius PDI Perjuangan Kabupaten Malang.  Dalam waktu dekat, partai dengan lambang kepala banteng moncong putih ini segera membuka pendaftaran untuk penjaringan calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati (cawabup) Malang.

“Insya Allah, pekan depan kami akan membuka pendaftaran calon kepala daerah. Yaitu untuk pendaftaran N1 maupun N2 (bupati maupun wakil bupati),’’ kata Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang H Didik Gatot Subroto.

Didik  mengatakan, sejatinya PDI Perjuangan Kabupaten Malang sudah memiliki orang yang diusung dalam Pilkada 2024 nanti. Namun demikian, penjaringan tetap akan digelar.

Menurut Didik, selain merupakan perintah dari  DPP  PDI Perjuangan, penjaringan  untuk memberikan wadah atau peluang kepada masyarakat yang ingin mencalonkan  diri sebagai calon bupati maupun calon wakil bupati.

“PDI Perjuangan  sudah memiliki calon yang diusung. Yaitu bapak HM Sanusi yang saat ini menjabat sebagai Bupati Malang untuk maju. Tapi kami tetap akan menggelar penjaringan, sesuai perintah partai,’’ katanya.

Dia juga mengatakan penjaringan ini tidak akan sia-sia digelar. Meskipun PDI Perjuangan telah memiliki calon. Karena menurut dia, hasil dari penjaringan ini semuanya akan diserahkan kepada DPP PDI Perjuangan. Selanjutnya, DPP yang menentukan calon yang diusung.

“Jadi ada pendaftaran sebagai mekanisme awal. Pendaftaran ini berlaku untuk umum. Tidak hanya kader, masyarakat non kader pun diperbolehkan mendaftar,’’ tambahnya.

Dia juga mengatakan pendaftaran penjaringan ini berlaku untuk calon yang diusung, yaitu HM Sanusi. Mantan Ketua DPRD Kabupaten Malang ini menegaskan, Sanusi wajib mendaftar dan mengikuti tahapan seleksi saat penjaringan nanti.

“Setelah semua tahapan penjaringan selesai, hasilnya akan dikirim ke DPP. DPP nanti yang menentukan calon yang diusung,’’ ungkapnya.

Ditanya apakah  penjaringan nanti  berbayar? Didik mengatakan belum tahu. Yang jelas menurut dia, saat ini DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang masih menggelar rapat internal terkait persiapan penjaringan. Dia mengatakan setelah semuanya fix, baru kemudian pendaftaran penjaringan dibuka.

“Yang pasti sebelumnya kami akan mengumumkan ke media massa. Setelah itu baru dibuka pendaftaran, dan tahapan lainnya,’’ ungkap Didik.

Disinggung persiapan Pilkada selain penjaringan? Didik mengatakan saat ini PDI Perjuangan terus merapatkan barisan. Dia mengatakan konsolidasi terus dilakukan PDI Perjuangan, mulai dari tingkat ranting sampai dengan tingkat daerah. Selain itu PDI Perjuangan dikatakan mantan Kepala Desa Tunjungtirto Kecamatan Singosari ini juga melakukan komunikasi dengan partai-partai lain. Komunikasi itu dilakukan sebagai upaya untuk koalisi.

“Memiliki 13 kursi di DPRD hasil pemilu 2024, PDI Perjuangan dapat mengusung sendiri calon. Tapi  kami tetap berusaha untuk menjalin koalisi, untuk dapat memenangkan Pilkada nanti,’’ tandasnya.(ira/van)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img