spot_img
spot_img
Monday, April 15, 2024
spot_img
spot_img

Pekan Prestasi Mardi Wiyata Cup XV, SMPK Mardi Wiyata Beri Penghargaan Juara Sains dan Matematika

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Penghargaan diberikan kepada para juara Science dan Mathematics Competition dalam Pekan Prestasi Mardi Wiyata Cup XV, Selasa (20/2) kemarin. Melalui ajang kompetisi ini, SMPK Mardi Wiyata kembali menjaring siswa-siswi SD/MI se-Malang Raya yang berpotensi di bidang akademik.

Dalam bidang lomba ini, Juara 1 Science Competition diraih oleh Faris Ashraf dari SDI Sabilillah Malang. Disusul Jose Emanuel Septian dari SD Kristen Kalam Kudus Malenggang sebagai juara 2 dan Rizeeta Ailena Ahmadi dari SDI Sabilillah Malang di posisi juara 3.

Kemudian Almahira Nadia Taufiqi dari SDI Sabilillah Malang dan Nicolaus Alden G. L. dari SDK Mardi Wiyata 2 berturut-turut di posisi juara 4 dan 5.

Sedangkan Bidang Lomba Mathematics Competition, juara 1 dan 2 diraih oleh Aisyah Okta Vinanty A. D. P. B. dan Aisyah Zanetta F. S. dari SDI Sabilillah Malang. Juara 3 diraih oleh Michelle Evangeline P. dari SD Kristen Charis Malang. Sedangkan juara 4 dan 5 diraih oleh Kharisma Amadeo B. dari SD Katolik Santa Maria 1 Malang dan Ahmad Rauf Z. K. dari SDI Sabilillah Malang.

Ketua Pekan Prestasi Mardi Wiyata Cup XV, Damai Abadi, S.Pd. Gr., mengatakan antusiasme siswa-siswi SD se-Malang raya mengikuti Mardi Wiyata Cup ini cukup besar. Terbukti, pada perlombaan kali ini, panitia berhasil menggaet puluhan peserta lomba science competition dan matematics competition. “Ada 68 peserta lomba Matematika dan 42 peserta lomba Science,” tutur Damai.

Adapun untuk pelaksanaan lomba, babak penyisihan dan final dilakukan di hari yang sama. Masing-masing diambil 10 besar dari babak penyisihan untuk lanjut ke babak final. “Karena poin 10 besar ada nilai yang sama, cabang Science diambil 23 peserta dan Matematika ada 28 peserta untuk lanjut ke final,” ujar Damai.

Babak penyisihan dilaksanakan selama satu setengah jam dan babak final selama satu jam. Dilanjutkan break, lalu pengumuman di hari yang sama. Perlombaan diikuti oleh peserta secara individu dengan mengerjakan soal-soal berbagai tingkatkan level. “Kami sesuaikan soalnya Higher Order Thinking Skills (HOTS), tidak hanya uraian dan pilihan ganda saja,” terang Damai.

Di babak final, diambil masing-masing lima juara. Juara 1, 2, dan 3 mendapatkan trophy, uang pembinaan, dan sertifikat. Juara harapan 1 dan 2 mendapatkan trophy dan sertifikat.

Selain itu, akan ada pula apresiasi khusus bagi para juara yang ingin mendaftarkan diri di SMPK Mardi Wiyata. “Melalui kegiatan ini kita fasilitasi peserta didik agar lebih kreatif dan percaya diri. Dan ada apresiasi untuk para juara. Bagi mereka yang lanjut belajarnya ke SMPK Mardi Wiyata, akan mendapat penghargaan berupa potongan diskon biaya pendaftaran,” jelas Damai.

Pekan Prestasi Mardi Wiyata Cup, menjadi wujud komitmen SMPK Mardi Wiyata dalam mendidik dan membina siswa. Termasuk dalam bidang sains dan matematika .

Sekolah di Jalan Semeru ini, memiliki ekstrakurikuler olimpiade matematika dan olimpiade Sains. “Kami targetkan para siswa di ekskul olimpiade matematika, sains, dan IPS juga ada, untuk mengikuti ajang perlombaan rutin oleh Diknas seperti OSN, O2SN, dan lain-lain,” ujar Damai. (mg1/imm)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img