spot_img
Saturday, July 20, 2024
spot_img

Pelaku Wisata Siap Sejak Lama

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Libur telah tiba! Masa liburan sekolah selalu dinantikan. Terutama siswa dari berbagai tingkatan pendidikan. Pelaku wisata juga tengah mempersiapkan diri jauh-jauh hari. Mulai promosi di media sosial, paket kunjungan wisata, hingga mendatangi sekolah-sekolah untuk melakukan penawaran.


Ketua Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) DPC Malang Raya Wulandari menerangkan para pelaku perjalanan wisata telah melakukan persiapan jauh-jauh hari sebelumnya. Terlebih peluang peningkatan jumlah customer yang akan menggunakan jasa wisata juga tinggi seiring pandemi Covid-19 yang berlalu.

- Advertisement -


“Persiapan-persiapannya sejak dua bulan lalu melakukan upaya promosi. Mendatangi sekolah juga banyak dilakukan memantau apa saja rencana agenda sekolah atau biasa dilakukan saat liburan,” terangnya saat dihubungi, Sabtu (17/6) kemarin.


Wulandari yang juga dari tim perjalanan wisata Plankton Tour & Travel itu menyebut masyarakat terutama kalangan siswa sekolah jika berwisata akan banyak menyasar ke lokasi yang tidak terlalu jauh. Mereka memfavoritkan beberapa destinasi alam hingga edukasi dan taman bermain.
“Meskipun tak menutup kemungkinan yang lain selain siswa sekolah yang libur juga banyak masyarakat umum,” ungkapnya.

Beberapa tren wisata, menurut wanita yang akrab disapa Wulan itu merujuk pada beberapa kota yang bisa ditempuh jalur darat. Hal tersebut terlihat dari bagaimana penawaran pelaku pariwisata banyak diminati menunju ke kota-kota seperti Bandung, Yogyakarta, Semarang, Bali, dan sekitarnya.


“Sebaliknya juga demikian, karena Malang Raya ini sudah menjadi jantung pariwisata Jawa Timur, wisawatan yang berencana datang ke Malang berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Barat sampai DKI Jakarta dan sekitarnya,” urai Wulan.


Disinggung mengenai target dan prediksi, ia belum bisa memastikan. Hal ini karena kondisi yang kembali normal setelah dua tahun pandemi belum bisa diprediksi.


“Persentase atau jumlah juga saya tidak berani menyampaikan. Harapannya meningkat, banyak kunjungan dan perjalanan wisata,” harapnya.


Ia juga berharap agar momen ini bisa dimanfaatkan dengan maksimal bagi masyarakat untuk mengisi liburan sekolah. Termasuk bagi pelaku usaha dan pelaku wisata. Sebab ini merupakan peluang.


Wulan membagi tips agar masyarakat bisa aman dan nyaman berwisata. Ia mengimbau agar bijak memilih biro perjalanan yang memadai dan sudah berpengalaman.


“Yang penting jika menggunakan jasa perjalanan pastikan track recordnya baik. Kalau destinasi sudah full booked maka lebih baik mencari alternatif,” sarannya. (tyo/van)

- Advertisement -spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img