spot_img
Thursday, July 25, 2024
spot_img

Pelantikan Pengurus Ikatan Alumni Universitas Brawijaya Periode 2023-2027; Sinergi Wujudkan Indonesia Lebih Maju

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Rektor Universitas Brawijaya (UB), Prof. Widodo, S.Si., M.Si., Ph.D. Med.Sc menginginkan adanya sinergi yang lebih kuat antara Ikatan Alumi UB (IKA UB) dengan UB. Peran alumni begitu besar dalam kemajuan dan perkembangan alamaternya, yakni Universitas Brawijaya. Bahkan juga kemajuan Negara Indonesia.

Hal itu disampaikan Prof Widodo dalam acara Pelantikan Pengurus IKA UB Periode 2023-2027, Sabtu (28/10) lalu. Acara pelantikan dilaksanakan di Hall Lantai 7 Gedung Pascasarjana Fakultas Ekonomi UB. Dihadiri Ketua Senat UB, Rektor, Para Wakil Rektor, dan pengurus IKA UB.

- Advertisement -

Dalam kesempatan tersebut, Prof Widodo mengatakan alumni mempunyai peranan penting terhadap kemajuan dan perkembangan Universitas dan juga bangsa Indonesia. “Karena alumni sudah bekerja dan berbaur di masyarakat.

Mereka harus berkontribusi dengan karya yang dapat membangun Indonesia menjadi lebih hebat,” katanya.

Kepada para pengurus IKA UB yang baru dilantik, Rektor berharap dapat memberikan kredensial terhadap alumni-alumni yang baru. Para alumni senior dapat menjadi mentor dalam membentuk jejaring sehingga lulusan UB mudah diserap di dunia kerja.

“Harapan kami sinergi dengan IKA UB  semakin erat khususnya dalam pengembangan SDM. Dan juga hilirisasi produk inovasi UB kepada dunia industri dan dunia kerja,” kata dia.

Prof Widodo tak henti-hentinya mendorong para alumni UB untuk berkontribusi dan berkiprah lebih luas di semua bidang. Baik bidang politik pemerintahan, ekonomi, kesehatan dan industri, pertanian dan sebagainya.

“Semakin banyak alumni yang berkontribusi artinya proses pendidikan yang dilakukan UB memiliki relevansi yang baik terhadap dunia kerja dan industri dan menjadi penunjang pembangunan bangsa Indonesia,” tuturnya.

Ketua Umum IKA UB, Mohammad Zainal Fatah, juga mengatakan pengurus IKA UB akan melakukan banyak terobosan melalui rapat kerja yang sudah dilaksanakan. Pengurus juga punya komitmen untuk mendukung dan membantu para lulusan UB agar segera diterima di dunia kerja.

Termasuk dalam penjaringan CPNS. IKA UB telah melakukan semacam workshop untuk memberikan pendampingan dan pelatihan kepada para alumni. Yakni dengan mendatangkan pejabat dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN) sebagai narasumber. “Karena para pejabat BKN ini yang mendesain sebagai panselnya. Jadi kami nilai cocok untuk menjadi pemateri,” ucap Sekjen Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ini.

Sementara itu, Pelantikan Pengurus Ika Alumni Universitas Brawijaya (IKA UB) Periode 2023-2027 berjalan sukses. Acara diawali dengan Pembacaan SK dan Pembacaan Sumpah Janji. Dilanjutkan penandatangan PKS oleh Ketua IKA UB dan Direktur Utama PT KAI. Kemudian ada launching Kartu Baru IKA UB.

Usai acara pelantikan dilanjutkan dengan Simposium IKN oleh Kementerian PUPR. Setelah itu dilanjutkan dengan penyampaian kerangka visi misi IKA UB 2023-2027 sebagai dasar penyusunan program kerja oleh Ketua Umum IKA UB.

Sesi selanjutnya yakni materi organisasi dan kesekretariatan IKA UB, oleh Sekjen IKA, Kabid Organisasi dan Pengembangan Kelembagaan. Materinya antara lain mekanisme pendanaan kegiatan, persuratan, penyelenggaraan kegiatan, koordinasi dan kolaborasi.

Setelah penjelasan pelaksanaan rapat kerja, ada diskusi dan penyusunan program kerja masing-masing wakil ketua, bidang dan departemen. Lalu dilanjutkan dengan presentasi dan penyepakatan program kerja masing-masing wakil ketua, bidang dan departemen oleh seluruh pengurus IKA UB. (imm)

- Advertisement - Pengumuman
- Advertisement -spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img