MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Kantor BPJS Kesehatan Cabang Malang resmi mengalihkan seluruh layanan administrasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) ke Mal Pelayanan Publik (MPP) Merdeka Kota Malang, yang berlokasi di Jalan Merdeka Timur, Kelurahan Kiduldalem, Kecamatan Klojen.
Kolaborasi ini dilakukan bersama Dinas Tenaga Kerja, Penanaman Modal, dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Disnaker PMPTSP) Kota Malang. Langkah ini merupakan bentuk komitmen dalam memberikan kemudahan akses layanan kepada masyarakat serta mewujudkan pelayanan yang mudah, cepat, dan setara bagi peserta JKN.
“Dapat kami informasikan bahwa terhitung mulai 2 Juni 2025, seluruh pelayanan administrasi BPJS Kesehatan Cabang Malang dilakukan pengalihan layanan ke MPP Merdeka Kota Malang,” ujar Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Malang, Yudhi Wahyu Cahyono, beberapa waktu lalu.
Gerai pelayanan ini beroperasi setiap hari kerja, Senin hingga Jumat, pukul 08.00–15.00 WIB. Pengalihan ini dilakukan sebagai bagian dari upaya mendukung program pemerintah untuk integrasi pelayanan publik dalam satu pintu, sekaligus meningkatkan kemudahan dan kepuasan peserta JKN.
Yudhi menegaskan seluruh jenis layanan yang tersedia di kantor BPJS sebelumnya, seperti administrasi, pemberian informasi, hingga penanganan pengaduan, kini tersedia secara lengkap di MPP Merdeka. Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa pasca pengalihan layanan, Kantor BPJS Kesehatan Cabang Malang kini hanya melayani peserta secara digital melalui Anjungan Mandiri JKN (AMAN JKN).
“Peserta JKN dapat memanfaatkan fitur layanan AMAN JKN di Kantor BPJS Kesehatan untuk pengecekan status kepesertaan, cek status tagihan, perubahan data peserta, info JKN dan info lokasi kantor cabang,” jelasnya.
Kepala Disnaker PMPTSP Kota Malang, Arif Tri Sastyawan, menyambut baik kehadiran layanan BPJS Kesehatan di MPP Merdeka. Menurutnya, lokasi MPP yang berada di titik nol Kota Malang menjadikannya sangat strategis dan mudah dijangkau masyarakat.
“Kami sangat mendukung dan menyambut baik ketika pelayanan BPJS Kesehatan Cabang Malang dilakukan secara penuh di MPP Merdeka Kota Malang. Tentunya kami berkolaborasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” tegas Arif.
Ia berharap, dengan hadirnya layanan BPJS Kesehatan di MPP Merdeka, kualitas pelayanan publik di Kota Malang dapat semakin meningkat.
Ditemui secara terpisah, Ersa Putra Hardiansyah (27), salah satu peserta JKN yang tengah mengurus perpindahan segmen kepesertaan untuk istrinya, mengaku puas dengan pelayanan yang diterima.
“Pelayanannya sangat cepat dan tidak membutuhkan waktu lama. Selain itu, untuk kualitas pelayanan sangat baik, petugasnya sangat tanggap, ramah, informatif dan melayani dengan sangat baik,” tandasnya. (ian/aim)