MALANG POSCO MEDIA, MALANG- Pelayanan publik milik Polresta Malang Kota yang ramah kelompok rentan, kembali didatangi tim penilai. Kali ini giliran Tim Ombudsman RI Perwakilan Jawa Timur yang melakukan penilaian layanan publik Polresta Malang Kota, Selasa (30/7) pagi.
Berbagai layanan telah dikunjungi dan dicek langsung. Mulai dari pelayanan terpadu yang terkait SPKT, SKCK, perizinan hingga Satpas SIM. Kepala Keasistenan Pencegahan Maladministrasi Ombudsman RI Perwakilan Jatim Achmad Khoiruddin, mengatakan bahwa seluruh aspek telah dinilainya.
“Kami datang ke Polresta Malang Kota sebagai melakukan penilaian, dalam bidang lembaga kepolisian (Polri). Kami melakukan penilaian kepatuhan terhadap UU No 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik. Selain meninjau ke layanan publiknya, kami juga melalukan wawancara langsung ke masyarakat pengguna layanan,” ujarnya.
Selanjutnya, data penilaian itu akan diolah lagi menggunakan indikator-indikator yang telah ditentukan oleh Ombudsman RI. Sehingga terkait hasil penilaiannya, pihaknya tidak bisa langsung membagikan.
“Karena memang masih akan diolah dengan berbagai indikator yang sudah ditentukan. Kemungkinan hasil penilaiannya akan keluar dan diumumkan di bulan November nanti,” bebernya.
Sementara itu, Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Budi Hermanto mengungkapkan, bahwa pihaknya terus berbenah dalam meningkatkan pelayanan public, termasuk beberapa upaya hasil dari evaluasi yang diberikan tahun 2023 lalu.
“Sebelumnya saat penilaian itu layanan kelompok rentan ini masih dalam tahap pembenahan. Sekarang sudah jadi semuanya. Kemudian terkait adminitrasi, apakah sudah selesai dan disosialisasikan baik secara langsung atau melalui eletronik,” ujarnya.
Buher, sapaan akrabnya, menyebutkan kunjungan ini menjadi motivasi pihaknya dalam meningkatkan pelayanan publik. Selain itu, ia juga berusaha dalam melakukan perbaikan dan pengembangan agar layanan yang ada bisa semakin baik. “Adanya kunjungan dari Ombudsman RI, menjadi evaluasi bagi kami dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Kami akan terus berusaha meningkatkan pelayanan publik untuk melayani masyarakat khususnya yang ada di Kota Malang,” tandasnya. (rex/udi)