spot_img
Tuesday, April 16, 2024
spot_img

Pemilu 2024, Target Partisipasi Pemilih Perempuan 30 Persen

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, KOTA BATU- Sukseskan partisipasi pemilih perempuan dalam Pemilu 2024, Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI berkolaborasi dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Batu menggelar pengembangan literasi politik melalui kaum perempuan di Aston Inn Batu, Senin (18/9) kemarin.

Totalnya ada sekitar 200 perempuan di Kota Batu mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang pengembangan literasi politik. Peserta kegiatan berasal dari beragam latar belakang, termasuk organisasi perempuan, kader partai politik, forum kerukunan umat beragama dan tokoh perempuan.

Kasubdit Fasilitasi Kelembagaan Partai Politik, Direktorat Politik Dalam Negeri, Dedi Taryadi, menjelaskan, inisiatif ini menjadi langkah lanjutan yang didorong oleh amanat Undang-Undang yang bertujuan untuk memperkuat pemahaman dan keterlibatan perempuan dalam proses politik.

“Selain itu, melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi perempuan dalam Pemilu 2024 mendatang. Mengingat partisipasi perempuan dalam pemilu masih cukup rendah,” ujar Dedi Taryadi.

Ia memaparkan, bahwa partisipasi perempuan dalam pemilu sebelumnya (2019) masih rendah, hanya sekitar 21 persen. Oleh karena itu dengan adanya pengembangan literasi politik melalui kaum perempuan ini dalam meningkatkan partisipasi perempuan untuk mensukseskan Pemilu yang akan datang. “Kami harap partisipasi perempuan bisa meningkat menjadi 30 persen dalam Pemilu 2024,” imbuhnya.

Berdasarkan Data Pemilih Tetap KPU Kota Batu, jumlah pemilih pada tahun 2024 diperkirakan mencapai 164.516 orang, dengan pemilih laki-laki sebanyak 81.743 orang dan pemilih perempuan sebanyak 82.773 orang.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Kota Batu, Ahmad Dahlan mengucapkan terima kasih kepada Ditjen Polhum. Pihaknya berharap besar partisipasi pemilih perempuan di Kota Batu dapat mencapai target nasional dalam Pemilu. Pihaknya ingin para perempuan di Kota Batu akan memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai literasi politik. Terlebih kaum perempuan bisa ikut berperan sebagai agen perubahan di masyarakat dengan berpartisipasi aktif dalam proses Pemilu 2024.

“Lebih dari itu, dengan adanya kegiatan tersebut bisa menjadi momentum bagi Kota Batu untuk melangkah maju dan memastikan bahwa semua suara, terutama suara perempuan bisa didengar dan dihargai di alam demokrasi,” pungkasnya. (eri/udi)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img