spot_img
Thursday, June 20, 2024
spot_img

Pemkab Gelontor Bantuan Kolam Ikan

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG– Dinas Perikanan Kabupaten Malang terus mengajak warga membetuk kelompok budidaya ikan (Pokpadan) air tawar. Terutama jenis nila. Selain ingin menjadikan Kabupaten Malang sebagai sentra ikan nila, niat membentuk Pokpadan ini tak lain untuk meningkatkan kesejahteraan melalui produksi ikan nila.

Ajakan itu disampaikan Dinas Perikanan Kabupaten Malang, melalui beragam kegiatan di desa-desa di Kabupaten Malang. “Sosialisasi terkait membentuk Pokpadan sudah kami lakukan. Kami mengajak warga untuk melakukan budidaya ikan nila. Hasil dari ikan nila ini cukup bagus,” kata Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Malang, Victor Sembiring.

Salah satu alasan hasil ikan nila sangat menjanjikan disebutkan Victor, yaitu panen raya ikan nila di Desa Sumber Ngepoh, Kecamatan Lawang. Produksi ikan nila milik Pokdakan Mina Makmur Wisata Krabyakan, mencapai puluhan ton. Yang tentu saja hasil tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan anggota kelompok.

“Dari beberapa panen raya, kami bersukur semuanya sesuai target. Itu sebabnya, kami pun terus mengajak masyarakat untuk membentuk kelompok budidaya ikan air tawar,’’ tambahnya. Victor menyebutkan, jika saat ini ada beberapa desa yang sudah membentuk kelompok budidaya ikan air tawar.

Diantaranya Desa Sukoanyar Kecamatan Wajak, Desa Sananrejo Kecamatan Turen dan Desa Sumberngepoh Kecamatan Lawang, Desa Kendalpayak, Kecamatan Pakisaji, Desa Bagelan, Kecamatan Wonosari, Desa Pandanajeng, Kecamatan Tumpan dan lainnya. Dari kolam ikan yang dikelola oleh masing-masing Pokpadan tersebut berhasil memproduksi puluhan ton ikan nila.

Victor mengatakan Pemkab Malang siap menggelontorkan bantuan. Bahkan tahun 2023 ini Pemkab Malang sudah menggelontorkan bantuan untuk dua kolam ikan, Yakni di Di Sananrejo dan Sukoanyar. Bantuan diberikan melalui hibah dari DAK. Masing-masing kolam mendapatkan Rp 100 juta yang diwujudkan dengan bentuk bibit, pakan dan waring.

“Untuk pembangunan kolam juga ada bantuan dari APBD. Prinsipnya kami sangat mendukung jika ada desa lainnya yang membentuk Pokpadan Ikan Air Tawar. Mari kita wujudkan Kabupaten Malang sebagai Sentra Ikan Nila untuk Malang Makmur,’’ tandasnya. (ira/mar)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img