spot_img
Thursday, July 3, 2025
spot_img

Pemkot Malang Raih Predikat Pelayanan Prima dari KemenPANRB

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, JAKARTA – Komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Malang dalam menghadirkan pelayanan publik yang berkualitas tinggi kembali mendapat pengakuan nasional. Dalam ajang Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik (PEKPPP) 2025, Pemkot Malang dianugerahi predikat ‘Pelayanan Prima’ dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) ) di Jakarta, Senin (20/5).

Penghargaan diserahkan Deputi Pelayanan Publik KemenPANRB Otok Kuswandaru kepada Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni, yang hadir mewakili wali Kota Malang.

“Capaian ini menunjukkan sinergi antarlembaga dalam memberikan pelayanan yang terintegrasi dan berkualitas. Tapi ini bukan titik akhir, melainkan pemicu untuk terus berbenah dan melayani dengan lebih baik,” ujar Ida Ayu Made Wahyuni.

Dengan Indeks Pelayanan Publik (IPP) 4,57 dan kategori A, Kota Malang menempati jajaran atas nasional. Tiga unit layanan Pemkot yang meraih nilai tertinggi dalam penilaian ini antara lain, Dispendukcapil: 4,73, RSUD Kota Malang: 4,69 dan Dinsos P3AP2KB: 4,55.

Malang Posco Media

Ia juga menekankan bahwa penghargaan ini harus menjadi energi positif bagi seluruh ASN untuk menjaga dan meningkatkan kepercayaan publik terhadap pelayanan Pemkot Malang.

Wali Kota Malang Wahyu Hidayat turut memberikan apresiasi tinggi atas capaian ini. Menurutnya, predikat ‘Pelayanan Prima’ merupakan cerminan keberhasilan Pemkot dalam menjalankan misi tata kelola pemerintahan yang efisien, sinergis, dan responsif sebagaimana tercantum dalam Dasa Bakti Unggulan.

“Alhamdulillah, saya sampaikan terima kasih dan apresiasi pada seluruh jajaran perangkat daerah di lingkungan Pemkot Malang. Tentunya, pencapaian ini tentu tidak lepas dari kerja keras, sinergisitas serta kolaborasi yang baik dari semua pihak,” kata Wahyu.

Pemkot Malang pun berkomitmen menjadikan prestasi ini sebagai titik tolak menuju pelayanan publik yang semakin modern, inklusif, dan berorientasi pada kepuasan warga.

“Ini bukan semata soal penghargaan, tetapi bukti nyata bahwa masyarakat mendapatkan pelayanan yang layak, cepat, dan tepat. Terima kasih atas dedikasi seluruh jajaran. Tapi ingat, jangan lekas puas. Ini justru jadi motivasi untuk bekerja lebih baik lagi,” tegasnya. (aim)

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img