spot_img
Tuesday, May 21, 2024
spot_img

Pendaftaran Rekrutmen CASN Pemkab Malang Dibuka Juni

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG- Para pegawai pemerintah non Aparatur Sipil Negara (ASN) agar bersiap. Karena pendaftaran rekrutmen CASN segera dibuka. Informasinya pelaksanaan rekrutmen akan digelar Juni mendatang. “Infonya dilaksanakan pada bulan Juni ini. Tapi untuk kepastiannya kami masih menunggu surat formal dari BKN,” kata Ketua Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Malang Nurman Ramdansyah.

Dihubungi Malang Posco Media, Nurman menegaskan bahwa terkait rekrutmen CASN baik untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) semuanya dihandle oleh pusat. Sementara di daerah hanya membantu melakukan verifikasi data.

“Karena surat resminya belum kami terima, secara teknis kami belum bisa mengatakan. Apakah sama seperti tahun sebelumnya atau ada perubahan,” ujar Nurman.

Yang jelas untuk rekrutmen CASN, khususnya PPPK tahun ini hanya boleh diikuti pegawai pemerintah non ASN (honorer), yang namanya sudah masuk dalam database. “Sejak tahun 2022 lalu kami terus melakukan pendataan untuk pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang yang non ASN. Hasil pendataan kami kirim ke pusat,” tambahnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Pj Sekda Kabupaten Malang ini mengatakan, sampai Jumat (10/5) kemarin sesuai database, jumlah pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang yang non ASN sebanyak 6.178 orang. Jumlah itu yang diusulkan Pemkab Malang untuk rekrutmen CASN tahun 2024 ini untuk kategori PPPK. “Jumlah itu sesuai dengan Anjab/ABK yang sudah kami lakukan sebelumnya. Kebutuhan kami sebanyak 6.178. Alhamdulillah semuanya disetujui. Dan saat ini kami menunggu prosesnya,” tuturnya.

Mantan Camat Kepanjen ini mengatakan, jika rekrutmen CASN merupakan upaya pemerintah menuntaskan permasalahan pegawai non ASN. Mereka yang telah mengabdi dilingkungan pemerintah dapat naik status sebagai PPPK.

“Harapan kami sebetulnya mereka yang sudah mengabdi tidak usah mengikuti tes. Tapi langsung diangkat. Menteri PAN RB juga pernah mengatakan demikian. Tapi apapun kami di daerah mengikuti apa yang menjadi kebijakan pusat,” tandasnya. Seperti diberitakan sebelumnya, Pemkab Malang mengusulkan 6.178 formasi CASN PPPK.

Dengan rincian guru sebanyak 1.105, tenaga teknis 4.733 dan tenaga kesehatan 340. Semua usulan formasi tersebut disetujui Menpan RB. Yang tertuang dalam surat Menteri PAN RB nomor: B/1006/M.SM.01.00/2024 tentang Persetujuan Prinsip Kebutuhan Pegawai ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang tahun anggaran 2024. (ira/udi)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img