spot_img
Monday, July 22, 2024
spot_img

Penderita Wasir di Surabaya Meningkat, Ternyata Ini Penyebabnya

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Malang Posco Media – Penyakit wasir atau ambeien kerap kali diderita oleh masyarakat. Bahkan setiap hari selalu ada pasien yang datang ke Rumah Sakit dengan keluhan ambeien atau wasir.

Dilansir dari detikJatim, Senin (7/3), jumlah pasien wasir di Surabaya cukup tinggi. Per harinya RS PHC Surabaya bisa menangani 3 hingga 5 pasien. Keluhannya benjolan di anus, BAB berdarah dan nyeri. Hal tersebut dikonfirmasi oleh Dokter Bedah RS PHC dr Paulus Dicky Dwi Nugroho SpB

- Advertisement -

“Angkanya tinggi ya di Indonesia, di Surabaya juga cukup tinggi. Karena wasir bisa menyerang siapa saja di berbagai usia,” ucap Dicky

Penyakit ini kerap melanda kalangan muda mulai di atas 20 tahun hingga 50 ke atas. Penyebabnya tidak lain adalah gaya hidup yang kurang sehat.

Dicky menyarankan agar seseorang banyak meminum air putih antara 10-12 gelas/hari. Ini agar menjaga pencernaan tetap lancar. Selain itu perbanyak konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi (Buah, sayur, oat).

“Jangan menahan keinginan untuk BAB, jangan mengejan berlebihan dan hindari duduk terlalu lama atau mengangkat beban berat,” tambahnya.

Menurutnya, selain pasien yang datang, tindakan operasi wasir di RS PHC juga cukup banyak.

“Per bulannya ada sekitar 5 sampai 10 tindakan operasi untuk penanganan wasir,” tandasnya.

Dia menambahkan, kondisi pembekakan atau pembesaran dari pembuluh darah di usus besar bagian akhir (rektum), dubur atau anus ini bisa terjadi di semua usia. Tetapi pada ibu hamil dan pasca melahirkan kebanyakan pasti mengalami wasir.

Bagi penderita wasir ringan bisa hilang dengan sendirinya. Tetapi, kondisi wasir sedang hingga berat dapat mempegaruhi kualitas hidup penderitannya. (fat/dtc/mg1/jon)

- Advertisement -spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img