Malang Posco Media – Jumlah pengguna aktif Threads mengalami penurunan setelah platform media sosial baru besutan Meta mendapatkan predikat sebagai aplikasi dengan pertumbuhan tercepat dengan berhasil mencapai 100 juta pengguna dalam beberapa hari.
Berdasarkan data dari firma analis SimilarWeb yang dikutip dari Engadget pada Senin (17/7), Threads mencatatkan penurunan jumlah pengguna aktif harian dari 49 juta pada 7 Juli menjadi 23,6 juta pada 14 Juli. Di Amerika Serikat, yang melaporkan tingkat interaksi tertinggi, waktu penggunaan Threads menurun dari 21 menit per hari menjadi 6 menit dalam periode yang sama.
Data SimilarWeb hanya didasarkan pada penggunaan Threads di perangkat Android, tetapi hasil yang serupa juga ditemukan oleh lembaga lain. Perusahaan intelijen pasar Sensor Tower melaporkan penurunan pengguna aktif harian dan interaksi pengguna dalam jumlah dua digit sejak media sosial tersebut diluncurkan.
Meskipun Threads hadir sebagai alternatif dari Twitter, yang mulai membatasi fitur untuk pengguna gratisan, dan memiliki konektivitas dengan Instagram sehingga memungkinkan pengguna membawa pengikutnya, media sosial ini tidak menyajikan fitur-fitur dasar seperti feed non-algoritma yang tidak didominasi oleh brand atau influencer.
Dalam unggahan di Threads pada Jumat (14/7), Adam Mosseri, petinggi Instagram, menyatakan bahwa tujuan utama pembuatan Threads bukanlah untuk mengejar angka engagement saat ini, tetapi untuk menghadirkan produk dan fitur baru serta meningkatkan performa aplikasi.
“Fokus kami saat ini bukanlah engagement, yang luar biasa, tetapi melewati puncak tertinggi dan terdalam yang kami lihat dengan setiap produk baru, dan membangun fitur baru, meningkatkan kinerja dan peringkat,” tulis Adam.
Meskipun jumlah pengguna aktif dan interaksi di Threads dapat menjadi angin segar bagi Twitter, SimilarWeb menyebutkan bahwa performa Twitter dalam hal jumlah interaksi masih berada di bawah pesaingnya itu.
“Dalam dua hari pertama Threads tersedia, Kamis dan Jumat, arus web ke situs twitter.com mengalami penurunan 5 persen dibandingkan hari yang sama di minggu sebelumnya dan penggunaan aplikasi (Twitter) Android, berdasarkan waktu yang dihabiskan, mengalami penurunan 4,3 persen,” kata Senior Insight Manager, David Carr.(ntr/mpm)