spot_img
Thursday, July 25, 2024
spot_img

ORPESA dan ORPEMA Tahun Akademik 2023-2024 STISOSPOL Waskita Dharma

Penguatan Karakter Hingga Tradisi Siraman Maba

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Sebanyak lebih dari 400 mahasiswa baru Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Politik (Stisospol) Waskita Dharma Malang telah mengikuti serangkaian kegiatan Orientasi Pendidikan Sarjana (ORPESA) dan Orientasi Pendidikan Magister (ORPEMA) Tahun Akademik 2022-2023. Kegiatan ini dimulai sejak Jumat (15/9) hingga Minggu (17/9) kemarin. Mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Di hari pertama, agenda ORPESA dimulai dengan Upacara Pembukaan, Penyampaian Trilogi STWD dan  Pengenalan Sistem Akademik. Di hari pertama ini materi lebih pada pengenalan kampus.

- Advertisement -
MENARIK: Pemred Malang Posco Media Abdul Halim menyampaikan materi tentang urgensi Media Digital.

Diantaranya tata tertib, program akademik sampai filosofi kampus. Untuk materi karakter salah satunya diberikan oleh Luqman Naufal, S.I.Kom selaku Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Malang.

“Tujuannya untuk membekali mahasiswa baru dalam menyikapi pergaulan masa kini supaya tidak terperangkap dalam kasus hukum narkoba.  Dan mereka bisa membatasi mana yang baik dan yang tidak,” ucap Bagian Kemahasiswaan STISOSPOL Waskita Dharma, Eka Setyowati, M.Sos.

Lalu di hari kedua Sabtu (16/9), ada Pengenalan Media Digital oleh Malang Posco Media dan Public Speaking oleh RRI Malang. Materi selanjutnya ada Entrepreneur Talk Oleh Affiliator Shopee. “Materi ORPESA kali ini lebih mengedepankan pada digitalisasi. Menyesuaikan dengan era teknologi yang kian maju pesat,” ujar Eka.

Adapun materi untuk mahasiswa baru program Pascasarjana, ada materi membangun Tradisi Sains Administrasi Publik Berbasis Riset Oleh Direktur Pascasarjana. Lalu pada hari ini, rencananya akan ada motivasi Pendidikan oleh Hypnotherapist Training Center.

Untuk memeriahkan kegiatan ORPESA dan ORPEMA, STISOSPOL Waskita Dharma menggelar perlombaan. Juga ada pentas seni dan seminar Cerdas Mengembangkan Karir oleh Ketua Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI). Serta untuk Mahasiswa S2, ada materi digital entrepreneurship and learn from expert yang juga disampaikan oleh APPI.

ANTUSIAS: Para mahasiswa baru Stisospol Waskita Dharma mengikuti kegiatan ORPESA dengan seksama.

 Eka menjelaskan ORPESA penting dilakukan untuk menyamakan persepsi. Terlebih mahasiswa baru yang berasal dari berbagai daerah. “Maka perlu adanya edukasi dan pemahaman bagi mahasiswa baru supaya mindset mereka berubah dari yang awalnya siswa menjadi mahasiswa,” katanya.

Materi ORPESA pun menyesuaikan dengan kebutuhan generasi saat ini. Salah satunya berkaitan dengan media digital. Dalam hal ini dijelaskan secara langsung oleh Pemimpin Redaksi Malang Posco Media.

SAMBUTAN: Bagian Kemahasiswaan STISOSPOL Waskita Dharma Eka Setyowati, M.Sos memberikan sambutan dalam kegiatan ORPESA, Sabtu (16/9).

Eka menyampaikan generasi muda mudah sekali terimobilisasi. Apalagi di era digital. Maka butuh rambu-rambu atau panduan bagi mereka dalam menggunakan media sosial. “Ini materinya bagus. Menjadi motivasi bagi mahasiswa baru kami. Agar mereka lebih bijaksana dalam bermedsos,” harapnya.

Sementara itu, ada yang unik di ORPESA dan ORPEMA STISOSPOL Waskita Dharma. Kampus ini memiliki tradisi Siraman. Mahasiswa baru disiram dengan Air Bunga Setaman.

Prosesi ini dilaksanakan di puncak penutupan kegiatan. Setelah mendapat arahan dari Ketua Stisospol Waskita Dharma Dra. Hj. Pudji Astuti, M.Si dan motivasi dari Ketua Yayasan Waskita Dharma Dr. Sigit Wahyudi, M.Si, dilanjutkan dengan prosesi penyiraman. “Ini sudah menjadi tradisi kami sebagai spirit untuk menghilangkan hal-hal negatif yang ada dalam diri mahasiswa. Supaya mereka lebih siap untuk menjalankan tugas belajar di kampus ini,” terang Eka.

Dalam momentum Orientasi Pendidikan ini STISOSPOL juga menjalin kerjasama dengan Malang Posco Media. Kedua belah pihak telah teken naskah MoU untuk kerjasama yang berkelanjutan. 

Ketua STISOSPOL Waskita Dharma Dra. Hj. Pudji Astuti, M.Si mengatakan, kerjasama dengan Malang Posco Media terjalin sudah lama. Hanya selama ini belum dituangkan dalam bentuk MoU. “Pertemuan ini sangat bermanfaat. Sekalian kami jalin kerjasama agar semakin erat,” katanya.

Menurutnya, di era Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) ada banyak peluang yang bisa didapat mahasiswa. Terutama dalam pengembangan skill. Maka kerjasama dengan pihak industri menjadi sebuah keniscayaan. Ada banyak yang bisa dimanfaatkan dari kerjasama tersebut.

Misalnya program magang, dosen praktisi, penelitian dan sebagainya. “Semoga dengan kerjasama ini kerjasama dengan Malang Posco Media semakin baik,” harapnya. (imm)

- Advertisement - Pengumuman
- Advertisement -spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img