.
Friday, November 22, 2024

Penjualan Xenia Meningkat 12 Persen

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Daihatsu mencatat peningkatan penjualan mobil di segmen MPV low bonnet, yakni Daihatsu Xenia sebesar lebih dari 12 persen hingga Mei lalu. Angka tersebut dibandingkan periode yang sama tahun 2021.

“Kontribusi Daihatsu Xenia terha[1]dap total penjualan Daihatsu di tahun 2022 ini adalah sebesar 13,5 persen,” ungkap Hendrayadi Lastiyoso, Mar[1]keting & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).

Sebelumnya, secara volume dan kontribusi model, penjualan ritel Dai[1]hatsu tetap didominasi tiga besar model, seperti Sigra sebanyak 18.069 unit atau berkontribusi 24,5 persen. Setelah itu, disusul Gran Max PU (Pick Up) seba[1]nyak 16.954 unit (23,0 persen), dan Xenia dengan raihan 9.910 unit (13,5 persen).

Hendrayadi menyebut, Daihatsu sendiri menargetkan rata-rata pen[1]jualan Xenia sekitar 2.500 unit per bulannya. Lantaran potensi penjual[1]annya yang masih cukup menjanjikan di pasar domestik. Segmen MPV Low Bonnet ini, lanjut dia, merupakan seg[1]men mobil terbesar di pasar otomotif Indonesia, yaitu sekitar 20 persen.

Dengan demikian, Daihatsu melihat ke depannya peminat dari MPV low bonnet ini masih akan tinggi. “Daihatsu masih tetap meman[1]dang bahwa peminat nya masih yang tertinggi di pasar otomotif Indonesia,” kata dia.

Adapun market share MPV Dai[1]hatsu Xenia sampai dengan Mei lalu tercatat pada level 15 persen. Hendrayadi menambahkan, di tahun 2022 ini Daihatsu tidak ada rencana untuk meluncurkan model MPV baru. Sebab, pada November tahun lalu, Daihatsu baru saja meluncurkan full model change dari Daihatsu Xenia.

Secara keseluruhan, Daihatsu men[1]catat penjualan ritel hingga Mei 2022 sebanyak lebih dari 73.000 unit, atau naik 34,7 persen dibandingkan penjalan di periode sama di tahun lalu. Daihatsu juga mencetak kenaikan market share sebesar 2,3 persen menjadi 19,3 persen dibandingkan periode Januari-Mei 2021 sebesar 17 persen.

Alhasil, kenaikan persentase market share Daihatsu lebih besar dibandingkan pasar otomotif nasional. (ktn/ley)

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img