spot_img
Saturday, July 20, 2024
spot_img

Pentas Wayang Bunulrejo Tampilkan Dalang Cilik

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Pementasan wayang yang digelar oleh RW 10 Kelurahan Bunulrejo, Sabtu (19/8) pagi membuat warga berdecak kagum. Pasalnya, dalang yang memimpin pagelaran wayang itu ternyata masih anak-anak, namun sudah terlihat mahir membawakannya.

Dengan diiringi alunan karawitan, para dalang cilik itu sukses membawakan lakon Wahyu Cakraningrat dalam pementasan yang bertajuk Pagelaran Siang Malam ini.

- Advertisement -

“Anak anak kecil yang dalang itu ada yang TK Nol besar. Yang di depan itu SMP kelas 1. Baru sekitar 8 bulan belajar. Kalau untuk karawitan sudah agak lama, sekitar 2 tahun. Mulai dari SD sampai ada yang SMP,” ungkap Pembina Sanggar Seni Gumelaring Sasangka Aji (GSA) Bunulrejo Sugianto yang merupakan sanggar dimana para dalang cilik itu berlatih.

Dikatakan Sugianto, para dalang cilik ini beberapa waktu lalu sudah pernah tampil. Ini merupakan keempat kalinya. Sehingga memang sudah lumayan terlatih. Di sanggar GSA Bunulrejo dikatakan Sugianto ada sebanyak 15 anak yang belajar wayang dan karawitan. Mereka berlatih rutin setiap Jumat sore dan Sabtu sore.

“Saya sebagai orang tua, hanya berharap ini bisa tetap berkembang dan anak anak kita mau peduli menyukai budaya kita. Karena budaya kita ini kan budaya adiluhung, kalau sampai tergeserkan budaya lain kan sayang sekali,” tukasnya.

Ketua RW 10 Kelurahan Bunulrejo Purwantoro ini menyampaikan Pagelaran Siang Malam ini digelar untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78. Pementasan yang cukup besar ini merupakan kali pertama setelah dua tahun lalu tidak bisa terselenggara karena pandemi Covid-19.

“Kami ingin uri uri budaya Indonesia agar adanya budaya baru dari barat bisa terkikis. Adanya penampilan wayang ini akan menumbuhkan semangat dan cinta pada budaya Indonesia,” tutupnya. (ian/jon)

- Advertisement -spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img