.
Thursday, December 12, 2024

Penting Jaga Komunikasi

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Sebagai seorang General Manager (GM) Hotel, tentu memiliki tanggung jawab besar, salah satunya berkaitan dengan operasional hotel agar berjalan dengan maksimal. Relasi menjadi bagian terpenting agar semua dapat berjalan dengan lancar.

Itulah yang dikatakan oleh General Manager Ibis Styles Malang, Ina Rianawati. Bekerja sebagai GM yang ia tekuni sejak 2013 hingga saat ini memberikan tanggung jawab yang sangat besar. Terutama memastikan operasional berjalan dengan baik.

“Mempererat hubungan dengan berbagai pihak itu menjadi salah satu hal penting. Senantiasa menjaga komunikasi baik dengan karyawan, stakeholder maupun dengan relasi external,” terangnya.

Sebagai seorang General Manager, Ina senantiasa memastikan security and safety untuk semua aset  termasuk juga karyawan serta tamu. Sementara dalam sisi bisnis, seorang GM memastikan untuk menghasilkan profit bagi perusahaan. Menurutnya, relasi dapat dibangun dengan berbagai cara, baik untuk relasi internal maupun external.

“Kalau menjalin relasi internal, salah satunya bisa dilakukan dengan komunikasi secara intens dan baik, bisa saat daily morning briefing, weekly meeting maupun saat meeting bulanan. Sementara untuk menjalin relasi bersama pihak eksternal bisa dengan aktif ikut serta dengan lokal government, berpartisipasi dalam kegiatan dengan warga sekitar, dan masih banyak yang lainnya,” ucapnya.

Membangun relasi dapat dilakukan dengan terlibat aktif dalam berbagai kegiatan positif dan membangun. Perempuan yang aktif pada kelompok paduan suara gereja itu juga menuturkan apa yang menjadi tantangan bagi seorang General Manager.

“Tantangannya ada pada perkembangan digital yang sangat cepat, sehingga untuk mengantisipasi hal tersebut, kami selalu update dengan hal-hal yang baru agar tidak ketinggalan. Selain itu monitor terhadap aktivitas social media yang bisa memberikan dampak positive maupun negatif. Selain itu tantangan dengan Human resource yang di dominasi oleh generasi milenial,” imbuhnya.

Menurutnya di kemajuan teknologi, informasi dan komunikasi ini, tantangan bisnis semakin ketat apalagi di bisnis perhotelan. Hotel tumbuh semakin banyak sementara demand nya tidak bertambah.

“Jadi butuh effort yang lebih besar dalam menjalankan operasional. Apalagi ditemukan dengan generasi millenial. Ini menjadi salah satu tantangan kami dalam mendapatkan human resources yang kuat dan loyal, ” ujarnya.

Memiliki hobi berkebun dan memasak, tentunya senantiasa mendukung Ina dalam pekerjaannya, salah satunya mengeksplor menu makanan sekaligus menata dekorasi dan Landscape. Dalam pekerjaan yang ditekuninya, Ina memiliki beberapa hal agar bisa membangun kekompakan dalam timnya.

“Saya selalu melakukan pendekatan secara personal, memperhatikan kebutuhan mereka dalam operasional, memberikan kesempatan dan membimbing pasa team leader untuk memimpin suatu project, hingga memberikan evaluasi atas kinerja mereka,” paparnya.

Di lanjutnya, yang terpenting adalah membuka ruang komunikasi dan diskusi bersama dengan tim. Berkegiatan di luar kantor juga menjadi salah satu cara yang biasa ia lakukan sembari membicarakan operasional hotel secara informal. (adm/aim)

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img