spot_img
spot_img

Perbaikan Bantalan Rel Kereta Api di Wonokromo Sebabkan Kamacetan Parah

Malang Posco Media – Perbaikan rel kereta api di bawah flyover Wonokromo menyebabkan kemacetan parah di pagi hari. Kemacetan terpantau pada pukul 10.30 WIB di Wonokromo menuju Jalan Ahmad Yani. Kemacetan terjadi 200 meter sebelum Stasiun Wonokromo.

Dilansir dari detikJatim, Senin(19/9), saat siang hari memang tidak ada pengerjaan bantalan rel karena pengerjaan dilakukan pukul 22.00-05.00 WIB. Kemacetan terjadi karena pengendara harus mengurangi kecepatan dan berhati-hati saat melintasi rel kereta.

Sementara di Jalan Darmo dan sekitar Kebun Binatang Surabaya (KBS) sudah tidak terjadi macet seperti pagi tadi. Lalu lintas normal cenderung longgar dan tidak ada kepadatan pengendara.

Salah satu pengendara, Hendra mengaku telat datang kerja. Karena ia terjebak macet di Wonokromo sekitar 40 menit. Beruntungnya, perusahaan tempatnya bekerja memaklumi itu.

“Tadi pikirnya ga semacet itu, ternyata muacet parah sampai 40 menitan. Telat 25 menitan tadi, wes takut. Tapi untungnya atasan mengerti karena memang macet parah itu. Kerjanya di daerah Ahmad Yani,” cerita Hendra.
Perbaikan perlintasan sebidang Jalan Ahmad Yani dilakukan mulai 16 September hingga 31 September 2022. Pembangunan dilakukan pada malam hari atas kerjasama KAI dengan kepolisian setempat.
Pekerjaan perbaikan jalan meliputi penggantian bantalan, pengosongan dan penggantian pemberat (kricak), menaikkan rel agar sesuai dengan profil rel kiri dan kanan perlintasan kereta api, dan memasang balok rel untuk pelapisan ulang
Luqman Arif, Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya, mengatakan pekerjaan itu dilakukan pada pukul WIB antara pukul 10 malam hingga pukul 5 pagi. Saat kemacetan pagi tadi, dia mengaku tidak ada pekerjaan karena selesai pukul 05.00 WIB.

“Enggak. Pekerjaan sesuai dengan jam, setelah jam 05.00 WIB tidak ada pekerjaan tersebut,” kata Luqman.

PT KAI juga bekerja sama dengan Dishub Surabaya dan kepolisian untuk mengatur lalu lintas. Petugas KAI, Dishub dan kepolisian akan membantu mengarahkan pengendara yang melintasi rel kereta api.

Pada tanggal 16-21 September pukul 22.00-05.00 WIB juga akan diberlakukan buka tutup arus lalu lintas. Pengendara dapat melintasi lokasi pekerjaan dengan mengurangi kecepatan dan meningkatkan kewaspadaan, khususnya bagi pengendara roda 2 ketika melewati rel yang diperbaiki.

Luqman menjelaskan, jika perbaikan perlintasan ini agar perjalanan kereta api ketika melewati perlintasan tersebut berjalan aman dengan kecepatan yang diizinkan.

“Guna menjamin keselamatan dan kenyamanan perjalanan KA, maka kami dari KAI Daop 8 Surabaya akan melakukan perbaikan di perlintasan tersebut. Kami mohon maaf atas terganggunya perjalanan pengguna jalan selama proses pekerjaan,” pungkas Luqman.

(iwd/iwd/dtc/mg8/lin)



BERITA LAINNYA

Gempa 5.6 SR Guncang Cianjur

Potensi Pendapatan MCC Rp 7,3 M

Gerak Lamban Belanja APBD