spot_img
Friday, March 1, 2024
spot_img

Perebutkan Hadiah Rp 100 Juta, Atlet Internasional Ikut Andil dalam Batu Open Festival Billiard 2023

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, KOTA BATU – Sebanyak 64 atlet biliard dari seluruh nusantara dan internasional bakal memperebutkan hadiah total Rp 100 juta dalam event Batu Open Festival Billiard 2023.

Event bergengsi yang telah berlangsung sejak 21-26 November 2023 oleh diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Batu, bekerja sama dengan Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (Pobsi) Kota Batu di Gor Gajah Mada Kota Batu.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Arief As Siddiq mengatakan bahwa festival biliard ini merupakan event tahunan dan salah satu rangkaian dalam menyemarakkan Hari Jadi ke 22 Kota Batu.

Di mana dalam pelaksanaannya pada Sabtu (25/11) telah masuk babak drawing 64 besar. Sedangkan sebelumnya pada tanggal 21-24 November telah digelar babak kualifikasi.

“Karena ini merupakan ajang bergengsi maka peserta yang hadir berasal dari berbagai daerah. Mulai dari DKI Jakarta, Bogor, Singkalang Kalteng, Pekalongan, Kediri, NTT, Pekalongan dan Bali. Sedangkan untuk atlet dari luar negeri berasal dari Filipina,” ujar Arief kepada Malang Posco Media, Sabtu (25/11) kemarin.

Lebih lanjut, melalui event tersebut diharapkan mampu mempromosikan pariwisata Kota Batu. Sehingga dapat menggerakkan dunia pariwisata Kota Batu, khususnya di bidang sport tourism.

“Pada kegiatan ini kami juga memfasilitasi pelaku UMKM Kota Batu di stand-stand yang ada. Harapannya tidak hanya mempromosikan produk pelaku UMKM Kota Batu. Tapi menjadi pilihan bagi para peserta luar daerah untuk mencari oleh-oleh,” bebernya.

Selain itu, dengan banyaknya atlet billiard yang berasal dari luar kota juga berdampak pada tingkat okupansi di hotel-hotel Kota Batu. Sehingga dapat berdampak pula pada perputaran ekonomi Kota Batu yang akan semakin baik lagi dan juga peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Kegiatan ini secara tidak langsung juga meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kota Batu. Bukan hanya wisatawan domestik, namun juga wisatawan mancanegara,” harapnya.

Sementara itu Ketua Pobsi Kota Batu, Gaib Sampurno menambahkan bahwa Festival Biliard 2023 ini bisa terlaksana berkat kolaborasi yang apik antara Disparta Kota Batu dan Pobsi Kota Batu. Itu dibuktikan dengan kesiapan dan pelaksanaan yang berjalan lancar serta banyaknya peserta yang ikut dalam kegiatan ini.

“Ada ratusan peserta ikut event ini. Dari ratusan atlet, selama empat hari telah menjalani babak kualifikasi. Setiap harinya ada 16 atlet yang maju ke babak drawing. Dengan begitu sekarang menyisakan 64 atlet billiard,” ujarnya.

Dari 64 peserta itu, akan dikerucutkan jadi 32 peserta untuk masuk babak final yang akan digelar Minggu, (26/11) besok. Dalam babak final itu 32 atlet akan memperebutkan total hadiah sebesar Rp100 juta.

“Lebih dari itu, kami ingin dengan adanya Festival Billiard 2023 ini dapat memunculkan potensi atlet billiard di wilayah Jatim, khususnya di Kota Batu. Apalagi saat ini olahraga billiard digemari semua kalangan,” pungkasnya. (adv/eri)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img