spot_img
Thursday, June 20, 2024
spot_img

Peringati HUT ke-78 RI, Mabes Polri Gelar Penghijauan di Kenjeran

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Malang Posco Media, Surabaya- Mabes Polri bersama Polda Jatim melakukan penanaman pohon di Komplek Kenjeran Park, Jumat. Penanaman ini dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 RI.

“Kegiatan penanaman pohon dalam upaya penghijauan ini dilaksanakan serentak di sejumlah wilayah Indonesia,” kata Kepala Biro Pengendalian Personel SSDM Polri Brigjen Pol Nurworo Danang usai kegiatan, di Surabaya, Jumat.

Menurut Danang, kegiatan ini adalah bagian dari soft lauching dari penanaman pohon secara serentak oleh Asisten Sumber Daya Manusia (SDM) Polri yang dilakukan di sepuluh Lemdiklat dan jajaran kepolisian daerah (polda)

“Saya mewakili Polda Jatim melakukan penanaman pohon di kawasan Kenjeran Park. Ada beberapa jenis pohon yang ditanam antara lain pohon Tabebuya untuk pohon keindahan dan pohon bakau yang ditanam di kawasan hutan mangrove untuk kelestarian ekosistem,” ujarnya.

Dilansir dari Antara, Danang menyebutkan upaya penanaman pohon sejak dini ini adalah untuk menjaga kelestarian alam dan ekosistem, khususnya dari dampak pemanasan global akibat perubahan iklim yang juga menyebabkan kemarau panjang tahun ini. 

“Akibatnya juga berdampak berkurangnya sumber air, berkurangnya pengairan untuk pertanian dan juga berkurangnya sumber air bersih. Yang menyebabkan kekurangan kebutuhan (air) masyarakat sehari-hari,” ujarnya.

“Nah, dampak dari kurangnya air juga berakibat mudah terbakarnya lahan dan hutan di beberapa wilayah di Indonesia,” tambahnya.

Guna memaksimalkan upaya penghijauan ini, Polri bekerja sama dengan pemangku kebijakan berupaya menghijaukan kembali daerah kritis, termasuk di wilayah pesisir.

“Hal ini tak lain untuk menjaga lingkungan kita asri dan memastikan ketersediaan air bagi masyarakat. Selain di Kenjeran, ada beberapa wilayah yang dilakukan upaya serupa di di jajaran Polda Jatim. Ada 39 polres yang kami intruksikan melakukan upaya penghijauan ini,” ujar Danang.

(ntr/jon)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img