spot_img
Wednesday, April 17, 2024
spot_img

Eko Budisusanto, Kasi Intelijen Kejaksaan Negeri Kota Malang

PERJALANAN PENUH LIKU ANAK PENJUAL BERAS, JADI DOKTOR ILMU HUKUM

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Inspiratif perjalanan kisah Eko Budisusanto. Pria yang kini menjabat sebagai Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Kota Malang itu, juga menjalani lika-liku kehidupan yang tak mudah. Namun, ia berhasil melewati bahkan ia sukses menyandang gelar Doktor Ilmu Hukum.

Cerita Jaksa Eko Budisusanto, berawal dari latar belakangnya yang merupakan seorang anak penjual beras di Sleman Yogyakarta. Perjalanan pendidikan Eko tidak dimulai dari kehidupan yang glamor atau keberuntungan yang berlimpah.

Buah hati dari keluarga kecil nan sederhana itu, tidak membuat Eko patah semangat. Sejak kecil ia dididik untuk kuat dalam berkeinginan. Sehingga, dirinya tidak pernah merasa kecil dari mimpinya yang teramat besar.

Pria yang identik dengan kacamatanya ini, memang sejak awal sangat tertarik masuk di dunia hukum. Saat memasuki usia produktif, ia memulai pendidikan di Fakultas Hukum Universitas Janabadra pada tahun 2004. “Saat itu, niat saya belajar dan berusaha semaksimal mungkin meraih mimpi.

Setelah lulus sarjana hukum, tepat di tahun 2009 saya diterima di Kejaksaan RI,” ceritanya. Tak disangka, pria muda bernama Eko berhasil mencatatkan hasil kerja yang luar biasa. Hingga selama perjalanan kariernya, ia bisa menduduki beberapa posisi penting.

Ia pernah menjabat sebagai Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus di Kejaksaan Negeri Mempawah. Kemudian Kepala Seksi Tindak Pidana Umum di Kejaksaan Negeri Tanjung Perak Surabaya. Meskipun kariernya terus menanjak, hal terpenting yang ia pegang teguh adalah pendidikan. “Saya sempat melanjutkan pendidikan di Universitas Airlangga. Alhamdulillah, saya masuk kategori lulusan terbaik yang meraih gelar Magister Ilmu Hukum,” ujar alumnus SDN Karangmloko I, ini.

Hal ini belum membuatnya berpuas hati. Ia kembali mengasah ilmunya di dunia ilmu hukum, namun kali ini ia menjelajah Kota Lumpia Semarang. Ia menempuh pendidikan di jenjang doktoral dalam bidang Ilmu Hukum Universitas Sultan Agung. “Sambil bekerja, sambil berkarya, saya berpikir tetap pendidikan itu penting.

Jadi saya tak kenal kata lelah. Alhamdulillah, akhirnya membuahkan hasil, dan lulus dengan prestasi Cumlaude,” sebutnya. Kini ia yang merupakan salah satu jaksa luar biasa di tubuh Kejaksaan Negeri Kota Malang, menduduki jabatan strategis sebagai Kasi Intelijen. “Pendidikan adalah kunci utama untuk meraih masa depan yang gemilang,” pesannya Eko Budisusanto. (rex/bua)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img