MALANG POSCO MEDIA- Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) Chapter Malang terus menunjukkan komitmennya dalam memajukan industri desain grafis di Kota Malang. Itu melalui serangkaian kegiatan kreatif, kolaboratif, dan edukatif.
Berbagai program yang digelar tidak hanya memperkaya wawasan para desainer lokal, tetapi juga memperkuat jejaring antar profesional dan mendukung pertumbuhan ekonomi kreatif di Kota Malang.
Salah satu acara unggulan ADGI Malang adalah Malang Design Wave (MDW), yang digelar tahun kemarin. Kegiatan tersebut menekankan peran desainer sebagai penghubung antara klien, audiens, dan industri kreatif.
“MDW adalah ruang bagi desainer dari berbagai latar belakang untuk saling berbagi ide, belajar, dan berkolaborasi,” ujar Dimas Ketua ADGI Chapter Malang.
Selain itu, kunjungan ke 10 studio desain ternama di Malang, juga menjadi kegiatan rutin untuk melihat langsung proses kreatif dan info terbaru dari dunia desain grafis.
Beberapa kegiatan juga diisi dengan diskusi interaktif membahas topik terkini, mulai dari identitas merek hingga desain poster musik. Termasuk workshop pottery dan pameran desain kemasan produk lokal.
“Terdapat 30 kegiatan yang kami lakukan pada akhir tahun kemarin. Ini merupakan komitmen kami untuk memberikan pelayanan kepada para anggota kami serta desain grafis di Malang,” imbuh Dimas
Selain MDW, ADGI Malang juga menggelar Re-Shape ADGI Malang, sebuah forum diskusi yang bertujuan menyelaraskan visi antara ADGI Malang dan ADGI Pusat. Ritchie Ned Hansel, Ketua ADGI Pusat, hadir sebagai pembicara untuk membahas perkembangan desain grafis nasional dan peluang kolaborasi.
Menurut Dimas, kehadiran Ketua ADGI Pusat, ingin desainer Malang tidak hanya aktif di tingkat lokal, tetapi juga berkontribusi pada proyek-proyek strategis nasional, seperti desain logo IKN dan Whoosh.
ADGI Malang juga secara rutin mengadakan diskusi bulanan, pelatihan teknis (seperti kelas tipografi), serta bedah karya untuk meningkatkan kompetensi anggotanya. Kegiatan ini terbuka untuk umum, termasuk mahasiswa dan desainer pemula.
“Kami juga berkolaborasi dengan kampus dan UMKM lokal untuk memamerkan desain kemasan produk unggulan Malang, sekaligus mendukung pemasaran produk kreatif,” pungkasnya. (hud/van)