spot_img
Sunday, March 3, 2024
spot_img

Petenis Indonesia Rifqi Fitriadi Salip Peringkat Nadal di ATP Pekan Ini

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Malang Posco Media, Jakarta- Petenis putra Indonesia Muhammad Rifqi Fitriadi melewati juara Grand Slam 22 kali Rafael Nadal dalam peringkat ATP pekan ini.

Berdasarkan laman resmi ATP, Senin (4/12), Rifqi, yang saat ini menyandang predikat petenis tunggal putra nomor wahid di Indonesia, bertengger di peringkat 561 ATP, sementara petenis veteran asal Spanyol Nadal berada di peringkat 664 ATP.

Nadal harus rela merosot jauh di peringkat ATP dikarenakan cedera pinggul yang memaksanya untuk hiatus dari ATP tour tahun ini. Petenis berusia 37 tahun itu belum pernah bermain sejak kekalahannya di putaran kedua Australian Open Januari silam.

Tidak hanya terjun bebas di peringkat ATP, catatan rekor Nadal memenangi Grand Slam juga telah disusul oleh petenis nomor satu dunia asal Serbia Novak Djokovic, yang kini mengoleksi 24 gelar turnamen major.

Nadal telah menjalani dua kali operasi, dan akhir pekan lalu dia baru saja mengumumkan akan kembali ke lapangan kompetitif di Brisbane bulan depan menjelang Australian Open 2024.

Berbeda dari Nadal, petenis kelahiran Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Rifqi Fitriadi justru mengalami peningkatan performa tahun ini.

Berkat prestasinya menembus final dan semifinal dua turnamen ITF Men’s Future awal tahun, Rifqi tembus peringkat 700 dunia pada pertengahan tahun — meningkat signifikan dari peringkat 1.000-an ATP akhir tahun 2022.

Rifqi juga mencatatkan prestasi dengan berhasil meraih emas tunggal putra SEA Games 2023 Kamboja pada April. Petenis berusia 24 tahun itu juga menyabet gelar ITF pertama sepanjang kariernya pada Juli lalu.

Dilansir dari Antara, tak berhenti di situ, Rifqi aktif bergerilya mengikuti tur untuk meningkatkan posisinya di peringkat ATP, sekaligus mencoba mencuri gelar lainnya. Pada ITF Kuala Lumpur, Malaysia, pekan lalu, Rifqi bahkan menempati unggulan pertama dalam turnamen berlevel M15 itu.

Tidak hanya Rifqi, petenis putra Indonesia lainnya Justin Barki juga berhasil melewati Nadal dengan berada di peringkat 659 ATP.

Catatan sukses yang ditrorehkan Justin tersebut salah satunya berkat keberhasilan petenis berusia 23 tahun itu meraih gelar ITF M25 Hong Kong pada September lalu.

(ntr/jon)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img