spot_img
spot_img

Pileg 2024 Alokasi Kursi Dapil Klojen Berkurang, Kedungkandang Tambah

MALANG POSCO MEDIA– MALANG – Alokasi jumlah kursi pada 2 Daerah Pemilihan (Dapil) berubah. Alokasi kursi pada Dapil Kedungkandang bertambah satu kursi. Sedangkan alokasi kursi di Dapil Klojen berkurang satu kursi.

Hal ini dapat terlihat dari hasil rancangan Dapil dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Kota Malang yang diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang belum lama ini. Hal ini pun dijelaskan Ketua KPU Kota Malang Aminah Asminingtyas, Selasa (29/11).

“Betul ada perubahan dari pemilu sebelumnya. Dapil Klojen menjadi 5 kursi dan Dapil Kedungkandang menjadi 11 kursi,” jelasnya.

Ia menjelaskan rancangan ini ditentukan oleh beberapa indikator khusus penghitungan alokasi kursi di dapil. Sesuai dengan ketentuan PKPU.
Salah satu faktor yang berpengaruh adalah jumlah penduduk total di Kota Malang dan jumlah penduduk dimasing-masing daerah pemilihan atau kecamatan di Kota Malang. Kecamatan Kedungkandang, lanjut Aminah, terdata ada kenaikan jumlah penduduk.

“Di Kedungkandang datanya ada peningkatan jumlah penduduk. Sementara di Klojen ada pengurangan. Penghitungannya seperti itu,” tegas perempuan kelahiran 1970 ini.

Meski begitu ditegaskannya, alokasi tersebut masih berupa rancangan. Saat ini hingga 6 Desember 2022 mendatang, masyarakat masih diberikan kesempatan untuk menyampaikan pendapat. Jika ada yang memepertayakan ataupun mempermasalahkan hasil penghitungan.

Setelah tidak ada tanggapan atau pertanyaan dari masyarakat maka KPU Kota Malang akan mengajukan ke KPU pusat. Untuk ditetapkan secara resmi.

“Dengan teman-teman partai juga nanti pasti akan berkomunikasi. Yang jelas yang kami lakukan untuk penghitungan alokasi dapil ini sudah sesuai dengan PKPU No 6 Tahun 2022 dan juga SE KPU No 488 Tahun 2022,” pungkas Aminah. (ica/jon)

Ikuti Juga Berita Malang Hari Ini dan Info seputar Arema FC, Arema dan Aremania di Youtube dan Tiktok Kami

BERITA LAINNYA