MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Jelang HUT ke-109 Kota Malang, Wali Kota Malang Sutiaji melaunching logo Hari Ulang Tahun (HUT) ke-109 Kota Malang, Kamis (2/3) malam kemarin. Logo itu hasil kreasi desainer asal Kota Malang, Fauzan Zahran. Pemkot Malang melombakan logo HUT ke-109 Kota Malang sebelumnya.
Penghargaan kepada pemenang lomba logo secara langsung diserahkan Wali Kota Malang Sutiaji kepada Fauzan. Menuruit Sutiaji, logo karya Fauzan terpilih karena telah memiliki makna Mandiri, Tangguh, Berkelanjutan yang menjadi tema HUT ke-109 Kota Malang dan dituangkan dalam desainnya. Hal itu diperkuat dengan kahadiran maskot Kota Malang yaitu Osi dan Ji, sehingga linear dengan jiwa dan semangat.
“Dari kacamata pemerintahan, Kota Malang berusia 109 tahun. Logo (HUT) perlu kita sayembarakan. Ini adalah jerih payah 109 desainer Kota Malang. Bagaimana mandiri, tangguh, berkelanjutan dipotret menjadi sebuah simbol,” kata Sutiaji pada malam Launching dan Awarding Logo HUT ke-109 Kota Malang di Malang Creative Center (MCC) Kota Malang.
Dia menjelaskan tentang bagaimana tema dan komitmen dibangun dalam tagline “Mandiri, Tangguh dan Berkelanjutan”. Tiga komitmen tersebut menurutnya adalah energi positif yang akan terus dikuatkan.
“Ada kemandirian, kita berusaha mudah-mudahan Kota Malang ini menjadi kota yang mandiri. Yang kedua tangguh, bukan tangguh ekonomi saja tapi kita punya perilaku dan karakter yang kuat, kita tidak mandiri sesaat namun terus,” terangnya.
Dan yang ketiga menurutnya, membangun mindset masyarakat bahwa yang baik itu harus diteruskan, siapapun pemimpinnya. Yang mempunyai nilai baik ayo diteruskan, artinya sesuatu yang baik harus dilanjutkan sehingga berkelanjutan.
“Karena kita hidup itu kan dinamis tidak statis. Dan Alhamdulillah logo tadi mewakili itu semua,” ungkapnya.
Logo HUT ke-109 Kota Malang yang diluncurkan sebelumnya telah melalui proses penilaian yang dilaksanakan secara kolaboratif dengan melibatkan peran serta komunitas, insan kreatif desain dan akademisi.
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dikominfo) Kota Malang Muhammad Nur Widianto, S.Sos menyampaikan kolaborasi tersebut merupakan bentuk dukungan terhadap komitmen pengembangan ekonomi kreatif sebagaimana visi wali Kota dan wakil Wali Kota Malang.
“Pelaksanaan lomba desain logo telah dimulai sejak bulan Januari 2023 melalui serangkaian tahapan yang sesuai kaidah, dapat dipertanggungjawabkan serta melibatkan dewan juri yang sangat kompeten di bidangnya,” jelasnya.
Ia menjelaskan tahapan lomba mulai dari proses pengumuman, seleksi administratif dan portofolio, technical meeting, perancangan oleh 109 desainer terpilih, penjurian karya, presentasi oleh top lima nominator, hingga berpuncak pada acara Launching dan Awarding Logo HUT ke-109 Kota Malang. “Akhirnya terpilih Logo HUT ke-109 Kota Malang rancangan desainer asal Kota Malang yaitu Fauzan Zahran,” tambahnya. (*/aim)