spot_img
Friday, March 1, 2024
spot_img

Pelayanan e-KTP Pemula Buka Sabtu Minggu di MPP Kota Batu

Pj Wali Kota Aries : Tingkatkan Pelayanan untuk Maksimalkan Partisipasi Pemilih Pemula di Pemilu 2024

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, KOTA BATU – Pelayanan e-KTP bagi Pemula atau yang berusia 17 tahun saat ini dapat dilakukan pada Sabtu dan Minggu. Pelayanan dimulai Pukul 09.00 WIB sampai 13.00 WIB di Mal Pelayanan Publik (MPP) Balaikota Among Tani. Tujuan pelayanan e-KTP Sabtu dan Minggu ini untuk memberikan pelayanan bagi warga yang baru berusia 17 tahun agar turut berpartisipasi dalam Pemilu Tahun 2024.

Untuk memastikan pelayanan e-KTP bagi Pemula atau yang berusia 17 tahun berjalan maksimal di akhir pekan, Minggu (21/1) kemarin, Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai didampingi Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batu Wiwik Nuryati meninjau secara langsung proses pelayanan yang diberikan. 

Pada akhir pekan tersebut, nampak para siswa SMA dan SMK sangat senang dengan pelayanan ini. Mereka mengaku lebih bersemangat karena dapat mengurus KTP tanpa meninggalkan jam pelajaran sekolah. Hal ini terlihat saat berbincang dengan Pj Aries.

“Senang ya sudah punya KTP. Pergunakan KTP dengan sebaik-baiknya, termasuk ikut berpartisipasi dalam Pemilu nanti,” pesannya Aries.

Bahkan beberapa siswa mengaku sangat senang karena baru pertama kali ikut Pemilu. Pengalaman pertama sebagai partisipan dalam Pemilu Serentak 2024.

Usai berbincang, Pj Aries juga melihat ke ruang dalam bagian pemotretan KTP. Tampak Aries sangat senang melihat antusias siswa mendapatkan pelayanan KTP di Hari Sabtu dan Minggu. 

“Pelayanan kita berikan bagi siswa yang telah berusia 17 tahun saat Pemilu sesuai Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dari Dinas Pendidikan. Target ada 570 siswa dari 1385 siswa. Pelayanan ini untuk memberikan kesempatan bagi warga Kota Batu yang telah berusia 17 tahun untuk dapat memiliki KTP dan ikut serta dalam Pemilu 2024,” jelasnya.

Kepala Dinas Provinsi Jatim ini berharap seluruh masyarakat Kota Batu, termasuk para siswa untuk memanfaatkan pelayanan ini dengan baik. Dengan demikian keikutsertaan dalam Pemilu 2024 Kota Batu semakin meningkat. “Kita berharap pelayanan ini akan meningkatkan keikutsertaan pemilih pemula dalam Pemilu 2024,” harapnya.

Sementara itu, salah satu pelajar Kota Batu yang memanfaatkan pelayanan tersebut, Anggi Windy mengaku senang dengan adanya layanan pelayanan e-KTP bagi pemula atau yang baru berusia 17 tahun. Menurutnya pelayanan akhir pekan tersebut bisa dimanfaatkan bagi pemula, khususnya bagi pelajar.

“Pelayanan e-KTP di akhir pekan tersebut bisa dimanfaatkan bagi kami para pemula, khususnya bagi pelajar. Pasalnya banyak pelajar yang hanya memiliki waktu untuk mengurus e-KTP saat akhir pekan atau saat libur. Dengan adanya pelayanan ini kami sangat senang karena dengan memiliki e-KTP, kami bisa memiliki hak untuk memilih dalam Pemilu bulan depan,” pungkasnya. (adv/eri/jon)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img